Burung Toucan Si Paruh Besar

Siapa yang tidak kenal burung toucan? Burung toucan yang habitatnya di hutan hujan ini memiliki paruh yang sangat besar. Paruh yang istimewa ini membuatnya menjadi salah satu burung yang paling terkenal di dunia.

Burung toucan

Burung toucan (Foto: NationalGeographic.Com)

Anatomi
Burung toucan memiliki paruh yang sangat besar dibandingkan dengan paruh burung lain yang seukuran tubuh dengannya. Paruhnya ada yang berwana-warni dan pada umumnya berwarna terang. Paruh ini sangat ringan dan kuat karena strukturnya tidak pejal dan memiliki rongga berisi banyak udara. Bulunya berwarna gelap kecuali pada bagian leher dan sebagian bulu sayap dan ekor yang berwarna cerah. Panjang tubuhnya sekitar 65 cm dan panjang paruhnya sendiri sekitar 20 cm.

Paruh yang Istimewa
Paruh toucan yang sangat besar dan berwarna-warni. Paruh toucan yang panjang sangat berguna sebagai alat makan. Paruh ini cukup panjang untuk menjangkau buah pada cabang pohon yang terlalu kecil untuk menyangga tubuhnya, dan juga untuk mengupas buah. Saat makan buah kecil, toucan seringkali memiringkan kepalanya ke belakang, untuk menggelindingkan buah kecil tersebut ke dalam kerongkongannya sebelum ditelan.
Paruh besar tersebut bisa jadi merupakan penarik perhatian pasangan pada masa kawin. Namun, baik toucan jantan maupun betina memiliki paruh yang besar. Toucan menggunakan paruhnya untuk saling menangkap dan melemparkan buah kecil atau potongan buah kepada pasangannya saat ritual perkawinan.
Sebagai senjata, paruh besar ini lebih berfungsi sebagai pajangan daripada sebagai alat bertarung. Meskipun ukuran paruh ini dapat menghalangi predator, namun tidak banyak berguna dalam memerangi para predator.

Habitat
Burung toucan berasal dari hutan hujan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Toucan terutama hidup di hutan hujan antara Mexico dan Argentina. Burung ini merupakan ikon hutan hujan. Burung toucan mempunyai peranan penting bagi hutan hujan karena burung ini merupakan vector yang membantu menyebarkan biji pepohonan yang buahnya menjadi makanan toucan.

Omnivora
Burung toucan adalah omnivora. Omnivora maksudnya adalah pemakan tumbuhan maupun hewan. Makanan utama toucan adalah buah-buahan. Selain buah-buahan, toucan juga makan serangga, dan kadang-kadang burung-burung muda, telur, dan kadal.

Hidup Bersama
Toucan hidup berpasangan atau dalam kawanan kecil sekitar enam burung. Kawanan burung toucan dikenal sebagai kelompok burung yang paling berisik di hutan hujan. Burung taoucan suka mengeluarkan berbagai suara secara bersahut sahutan, terutama di pagi hari.
Toucan bersarang di lubang pohon yang dibuat oleh hewan lain (misalnya burung pelatuk). Paruhnya tidak bisa digunakan untuk melubangi pohon. Burung toucan biasanya memiliki dua sampai empat telur. Toucan jantan dan betina bekerjasama menjaga telur mereka. Toucan yang masih muda tidak memiliki paruh yang besar saat lahir, paruhnya semakin lama semakin besar bersamaan dengan pertumbuhan toucan muda. Toucan muda memerlukan waktu beberapa bulan sampai ukuran paruh besarnya menjadi sempurna.

Ramphastos dicolorus bersarang di lubang pohon

Ramphastos dicolorus bersarang di lubang pohon

Spesies
Ada sekitar 40 spesies burung toucan, semuanya mudah dikenali karena ukuran paruhnya yang besar, dan biasanya berwarna cerah. Ukuran masing-masing spesies mungkin berbeda. Toco toucan adalah spesies yang paling besar dan paling terkenal, panjangnya sekitar 75 cm. Sedangkan spesies toucan yang paling kecil adalah Aracar toucanet, yang panjangnya hanya sekitar 35 cm. Burung toucan merupakan hewan peliharaan yang populer, dan mungkin banyak ditangkap untuk memenuhi kebutuhan pasar hewan peliharaan. Burung toucan bisa hidup sampai 20 tahun.

Klasifikasi Ilmiah Burung Toucan
Berikut adalah klasifikasi ilmiah burung toucan:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Piciformes
Famili: Ramphastidae
Genera: Andigena, Aulacorhynchus, Pteroglossus, Ramphastos, dan Selenidera

Share
This entry was posted in Fauna and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>