Burung Pelikan, Si Paruh Berkantung

Pelikan atau pelican adalah sejenis burung air yang memiliki kantung yang dapat membesar  pada bagian bawah paruhnya. Pelikan terdapat pada hampir setiap penjuru dunia. Beberapa jenis pelikan merupakan burung laut, dan sebagian lainnya merupakan burung yang biasa di air laut dan di air tawar.

Gambar foto burung pelikan

Burung pelikan menangkap ikan yang dilemparkan kepadanya (Photograph by Romulo Rejon)

Anatomi (Ciri Fisik)
Pelikan adalah burung yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki kantung. Paruhnya yang meruncing panjangnya bisa lebih dari 30 cm. Paruh sebelah atas memiliki ujung yang bengkok membentuk kait. Pada paruh bagian bawah sampai tenggorokan terdapat kantung berupa kulit elastis, yang digunakan untuk menangkap ikan. Kakinya pendek dan pada jari-jarinya terdapat selaput yang memudahkannya berenang. Panjang tubuh pelikan mencapai 1,5 m. Bentangan sayapnya antara 1,8 m sampai 2,7 m tergantung spesiesnya. Pelikan jantan memiliki rupa yang sama dengan pelikan betina, namun tubuh pelikan jantan sedikit lebih besar dari pelikan betina.

Habitat
Pelikan hidup di pinggir pantai, danau dan sungai di berbagai belahan dunia. Pelikan terdapat di semua benua kecuali benua Antartika. Ada enam spesies burung pelikan yang terdapat di benua Amerika.

Sekawanan Pelikan Great White bercampur dengan Flamingo (Photograph by Erik van der Ven)

Sekawanan Pelikan Great White bercampur dengan Flamingo (Photograph by Erik van der Ven)

Makanan dan Perburuan
Sebagai burung air, makanan burung pelikan adalah ikan. Beberapa jenis pelikan menangkap ikan dengan berenang secara bekerjasama dalam satu kelompok. Mereka membentuk suatu barisan membentuk formasi huruf “U” untuk mengepung dan dan menjebak ikan-ikan ke pinggir air. Mereka menggunakan sayap untuk mengepak-ngepak permukaan air untuk mengarahkan ikan. Saat ikan-ikan terjebak dan berkumpuk di pinggiran air, mereka menangguknya dengan paruh berkatungnya. Pelikan kemudian mengarahkan paruhnya ke bawah untuk membuang air dari kantung tersebut, kemudian menelan ikan yang terperangkap di paruhnya. Pelikan Putih Amerika  (Pelecanus erythrorhynchos) dapat menampung sekitar 11 liter air dalam kantung paruhnya.
Cara berburu masing-masing spesies tidak semuanya sama. Pelikan Putih (Pelecanus erythrorhynchos). Pelikan Putih biasa mencari makan dalam kelompok, dengan memukul-mukul dan sayap dan kakinya mengejar ikan kecil ke arah tepi air. Pelikan Cokelat (Pelecanus occidentalis) memburu ikan dengan terjun menyelam dari ketinggian 3 – 9 m dari atas permukaan air. Pelikan Punggung Pink (Pelecanus rufescens) dan Pelikan Paruh Tutul (Pelecanus philippensis) mencari makan sendiri-sendiri dengan dengan berenang perlahan mendekati ikan sasaran lalu menangkap mangsanya dengan paruhnya secara tiba-tiba.

Perilaku
Pelikan adalah burung yang hidup berkelompok dan terbang dalam kawanan. Pelikan dapat terbang dalam jangka waktu lama. Mereka sering terbang membentuk satu garis panjang. Kadang kadang mereka juga terbang dengan membentuk formasi huruf “V”. Gerakan pelikan agak kaku di atas tanah tetapi sangat lincah di udara. Burung pelikan juga berkembangbiak dalam kelompok yang disebut koloni.
Pelikan biasa berada di lingkungan kelompok pelikan lainnya, bahkan di lingkungan jenis burung air lainnya seperti cormorant atau flamingo.

Reproduksi (Perkembangbiakan)
Pelikan bersarang dalam koloni besar, dekat air atau di pohon, bergantung spesies dan habitatnya. Saat masa berbiak, pelikan jantan dan betina menggunakan kantung di paruhnya untuk mengumpulkan dan mengangkut material sarang berupa ranting, rumput dan bulu-bulu. Pelikan betina bertelur dua sampai empat butir telur yang berwarna putih kebiruan. Pelikan jantan dan betina secara bergantian mengerami telur mereka. Telur akan menetas dalam jangka waktu sekitar satu bulan. Telur menetas selisih satu hari, dan anak pelikan yang baru menetas sering menyerang saudaranya yang lebih muda supaya mendapatkan lebih banyak makanan. Anak pelikan tidak disuapi dari kantung. Induknya akan membuka mulutnya lebar-lebar sehingga anaknya dapat mencapai kerongkongan induknya untuk mengambil makanan yang disediakan. Anak pelikan akan segera dewasa dalam tiga tahun.

Taksonomi
Klasifikasi ilmiah burung pelikan adalah sebagai berikut.
Kerajaan: Animalia, Filum: Chordata, Kelas: Aves, Ordo: Pelecaniformes, Famili: Pelecanidae, Genus: Pelecanus,
Spesies burung pelikan antara lain: Pelikan Cokelat (Pelecanus occidentalis), Pelikan Peru (Pelecanus thagus), Pelikan Paruh Tutul (Pelecanus philippensis), Pelikan Punggung Pink (Pelecanus rufescens), Pelikan Putih Amerika (Pelecanus erythrorhynchos), Pelikan Great White (Pelecanus onocrotalus), Pelikan Dalmatian (Pelecanus crispus), Pelikan Australia (Pelecanus conspicillatus).

Share
This entry was posted in Fauna and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>