Empat Tahap Perkembangan Radang Sendi Asam Urat

Radang sendi asam urat adalah kondisi radang pada persendian tulang karena penumpukan asam urat dalam bentuk kristal asam urat pada persendian. Terbentuknya kristal asam urat tersebut akibat kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi. Ada empat tahap atau tingkat radang sendi asam urat:

Tahap 1: Tahap Asimtomatik (Tanpa Gejala)
Tahap pertama radang sendi asam urat adalah tahap asimtomatik. Asam urat asimtomatik adalah kondisi kadar asam urat lebih tinggi dari kadar normal tetapi tidak menimbulkan gejala radang sendi asam urat. Kondisi ini biasa disebut hiperurikemia (hyperuricemia). Untuk mengetahui apakah seseorang memiliki hiperurikemia, haruslah melalui pemeriksaan darah. Pada tahap ini pengobatan tidak diperlukan.

Tahap 2: Tahap Akut
Tahap kedua radang sendi asam urat adalah tahap akut. Pada tahap ini asam urat tersepodit pada persendian tulang dalam bentuk Kristal asam urat yang berbentuk tajam. Gejala yang timbul adalah rasa nyeri dan peradangan yang dapat hilang dalam 3 sampai 10 hari. Persendian yang terserang akan bengkak, hangat, dan berwarna kemerahan. Biasanya radang dimulai dari persendian jempol kaki, dan dapat menyebar ke bawah kaki, kura-kura kaki (punggung kaki), dan tumit. Dalam beberapa kasus radang bisa juga terjadi pada lutut, jari tangan, pergelangan tangan, dan siku.

Tahap 3: Tahap Interval
Tahap ketiga radang sendi asam urat adalah tahap interval. Pada tahap interval gejala sudah tidak terasa dan tidak ada masalah fungsi persendian. Kebanyakan orang yang mengalami serangan berulang, serangan berikutnya terjadi dalam 6 bulan sampai 2 tahun, bahkan bisa lebih lama lagi. Serangan yang tertunda bisa jadi lebih serius dari serangan sebelumnya, dan mungkin akan berpindah pada persendian lainnya.

Tahap 4: Tahap Kronis
Tahap keempat adalah tahap terakhir radang sendi asam urat yaitu tahap kronis. Tahap ini merupakan tahap yang paling buruk dan paling merusak. Pada tahap ini terjadi kerusakan permanen pada persendian tulang yang terserang. Radang yang terjadi pada persendian yang terserang akan memburuk dan menyebabkan rasa sakit yang hebat dan dapat melumpuhkan. Pada beberapa kasus terjadi kerusakan ginjal sehingga dapat menyebabkan gagal ginjal.

Radang sendi asam urat, sebagaimana penyakit pada umumnya dapat memburuk jika tidak dirawat sejak tahap awal. Dengan mengetahui gejala penyakit sejak awal dan memeriksakannya ke dokter, penderita dapat mencegah berkembangnya penyakit mencapai tahap yang lebih buruk.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *