Cara Menjaga Rumah Tangga Tetap Harmonis (12 Tips)

Pasangan harmonis

Setiap orang yang telah berkeluarga pasti menginginkan rumah tangganya senantiasa harmonis. Namun fakta menunjukkan bahwa angka perceraian cenderung meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat modern lebih sulit untuk mempertahankan keharmonisan rumah tangga. Bagaimana cara menjaga keharmonisan rumah tangga agar langgeng? Berikut beberapa tips menjaga keharmonisan dalam rumah tangga.

1. Bersyukur
Bersyukur adalah sikap penting yang dapat membuat setiap orang merasa damai dan tenang dalam menjalani hidup. Percekcokan yang terjadi dalam rumah tangga dapat disebabkan karena salah satu pihak merasa tidak puas dengan kondisi yang ada terutama yang berkaitan dengan faktor ekonomi, sosial, dan budaya.

2. Berbagi Peran
Buatlah kesepakatan dengan pasangan untuk membagi peran dalam rumah tangga berdasarkan prinsip saling membantu. Hal ini untuk menghindari terjadinya situasi saling menyalahkan jika terjadi ketidaknyamanan dalam keluarga.

3. Utamakan Keluarga
Selalu mengutamakan kepentingan keluarga di atas kepentingan pribadi. Hindari godaan untuk mengabaikan keluarga karena kepentingan pribadi yang berkaitan dengan kesenangan, hobby, uang, karier, gengsi, dan lain sebagainya.

4. Bersikap Jujur

Setiap orang tidak suka dibohongi oleh pasangannya. Sekali anda berbohong mengenai satu hal, anda akan cenderung dicurigai mengulangi kebohongan tersebut. Kecurigaan dan rasa tidak percaya kepada pasangan dapat membuat suasana rumah tangga kehilangan keharmonisan.

5. Saling Menguatkan
Pasangan suami istri hendaknya saling melengkapi dan saling menguatkan. Hindari keinginan untuk menguasai pasangan dalam segala hal. Jangan memanfaatkan kelemahan pasangan untuk memaksanya menjadi penurut segala keinginan anda. Janganlah saling melemahkan, sebaliknya upayakan untuk saling menguatkan. Perkuat kelemahan pasangan anda dengan turut berperan aktif memberikan bantuan dan dukungan. Seorang istri dapat membantu mencari nafkah dan seorang suami dapat membantu mengurus rumah.

6. Jaga Komunikasi
Jaga komunikasi tetap intens dan hangat. Pada saat masa pacaran, pasangan kekasih banyak menghabiskan waktu berkomunikasi untuk membahas hal-hal sepele. Namun pada pasangan yang sudah menikah komunikasi semacam ini kadangkala ditinggalkan. Komunikasi yang terjadi hanya untuk membahas pada hal-hal yang serius seperti masalah pekerjaan, keuangan, sekolah anak, dsb. Bahkan seorang suami atau istri seringkali merasa tidak perlu memberitahu pasangannya saat harus pulang terlambat.

7. Jaga Romantisme
Banyak pasangan rumah tangga yang melupakan romantisme masa pacaran. Padahal hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan rumah tangga agar selalu harmonis.  Memberi penghargaan, pujian, hadiah, kejutan, dsb sangat bermanfaat untuk menjaga kehangatan dalam hubungan suami istri.

8. Pertahankan Kesetiaan
Salah satu penyebab serius yang menghilangkan keharmonisan rumah tangga adalah masalah kesetiaan. Jika tidak ada kesetiaan dalam rumah tangga maka tidak ada keharmonisan dalam rumah tangga tersebut. Ketika anda mencoba mencari cinta yang lain selain dari pasangan anda, maka anda harus menerima konsekuensinya yaitu keharmonisan rumah tangga anda akan hilang.

9. Saling Pengertian
Bersikap saling pengertian sangat bermanfaat dalam menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Saling pengertian berarti saling memahami kesukaan, ketidaksukaan, kelebihan, kekurangan, dan keinginan masing-masing. Sikap saling terbuka akan menciptakan suasana kondusif bagi pasangan suami istri untuk saling memahami satu sama lain.

10. Fokus pada Hal-Hal Positif
Fokuslah pada hal-hal yang positif dalam menilai dan memperlakukan pasangan anda dan hindari mengungkit kekurangannya. Fokuslah pada penyelesaian masalah dan hindari mencari kambing hitam dalam menghadapi masalah keluarga.

11. Jaga Kualitas Hubungan Seksual
Menjaga kualitas hubungan seksual sangat penting dalam memelihara rumah tangga agar senantiasa harmonis. Salah satu penyebab perselingkuhan dan perceraian andalah masalah gangguan fungsi seksual. Demi menjaga kualitas hubungan seksual maka rawatlah tubuh, jagalah kesehatan, stamina dan gairah seksual. Keterbukaan dalam membicarakan masalah seksual penting untuk meningkatkan kualitas hubungan suami istri.

12. Miliki Waktu Bersama yang Berkualitas
Salah satu faktor yang dapat menjaga kedekatan suami istri adalah memiliki waktu bersama yang berkualitas seperti makan bersama, makan di luar, piknik, menonton film, berolahraga bersama, dan lain sebagainya.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *