Cara Menjaga Kesehatan Jantung (12 Tips)

Kesehatan jantung

Jantung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh kita. Jantung merupakan pusat peredaran darah yang mengendalikan aliran darah ke seluruh tubuh. Tidak mengherankan bahwa penyakit jantung adalah penyakit yang paling membahayakan jiwa. Oleh karena itu setiap orang disarankan untuk menjaga kesehatan jantung. Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari gangguan kesehatan jantung? Berikut beberapa tips menjaga kesehatan jantung.

1. Lakukan Olahraga Secara Teratur
Berolahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan secara umum termasuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga dapat melatih otot jantung dan melancarkan aliran darah. Olahraga juga dapat mengurangi resiko penimbunan lemak pada pembuluh darah di jantung.

2. Upayakan Memiliki Berat Badan Normal
Kelebihan berat badan dan kegemukan (obesitas) adalah salah satu faktor resiko penyakit jantung. Kelebihan berat badan merupakan indikasi bahwa seseorang memiliki lemak tubuh yang terlalu banyak. Jika kadar lemak dalam darah seseorang terlalu tinggi maka dapat menyebabkan penumpukan lemak berupa kolesterol pada dinding pembuluh darah. Jika penumpukan kolesterol terjadi pada dinding pembuluh darah di jantung maka depat menyebabkan gangguan fungsi jantung.

3. Jangan Merokok
Jika anda ingin mengurangi resiko penyakit jantung, jangan merokok. Merokok merupakan salah satu faktor resiko penyakit jantung. Tidak itu saja, merokok dapat membahayakan kesehatan dengan banyak cara karena merokok dapat meningkatkan resiko hipertensi, penyakit paru-paru, dan diabetes.

4. Konsumsi Makanan Sehat Secara Seimbang Gizi
Tubuh kita membutuhkan nutrisi secara seimbang dalam jumlah yang memadai.  Upayakan untuk mengatur menu makanan untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Kekurangan zat gizi tertentu dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang mempengaruhi fungsi jantung.

5. Cukupi Kebutuhan Serat Tubuh
Serat pangan yang terkandung dalam makanan seringkali dikaitkan dengan makanan yang menyehatkan jantung. Serat pangan sangat penting untuk melancarkan pencernaan dan mengurangi penyerapan lemak oleh tubuh.

6. Pilih Makanan Olahan Secara Selektif
Makanan olahan seringkali banyak mengandung garam, lemak, dan gula. Pilihlah makanan olahan yang lebih rendah garam, lemak, dan gula. Banyak mengkonsumsi garam meningkatkan resiko tekanan darah tinggi yang meningkatkan kerja jantung. Banyak mengkonsumsi lemak, dan gula meningkatkan resiko penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah.

7. Periksakan Kesehatan Secara Rutin
Penyakit jantung seringkali baru terdiagnosis saat telah parah. Periksakan kesehatan anda setidaknya sekali dalam setahun. Hal ini bermanfaat untuk mengenali tanda dan gejala penyakit jantung lebih dini. Hasil pemeriksaan kesehatan juga dapat menjadi peringatan bagi orang-orang yang lebih beresiko misalnya kadar kolesterol darah terlalu tinggi, tekanan darah terlalu tinggi, denyut jantung tidak stabil, dan lain sebagainya.

8. Kenali Gejala Penyakit Jantung
Penyakit jantung seringkali dapat disembuhkan jika diketahui sejak dini. Kenali gejala-gejala penyakit jantung agar anda dapat segera mengetahui adanya kelainan fungsi jantung. Gejala-gejala seperti ketidaknyamanan di dada, perut, leher, atau lengan bisa menjadi indikasi gangguan fungsi jantung. Periksakan diri ke dokter jika anda merasakan gejala tersebut secara berulang.

9. Dapatkan Tidur yang Berkualitas
Tidur yang berkualitas adalah tidur dalam durasi yang cukup dan nyenyak. Mendapatkan tidur yang berkualitas sangat bermanfaat bagi kesehatan termasuk untuk kesehatan jantung. Kurang tidur meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, depresi, dan obesitas (kegemukan).

10. Atasi Stress dengan Cara Positif
Stress dapat merugikan kesehatan termasuk mempengaruhi kesehatan jantung. Temukan cara untuk mengatasi stress dengan cara positif seperti berolahraga, mendengarkan musik, beristirahat, dan lain sebagainya. Stress diketahui dapat meningkatkan resiko naiknya tekanan darah, laju detak jantung, dan hormon cortisol.

11. Hindari Minum Alkohol Secara Berlebihan
Hindari minum alkohol secara berlebihan. Minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, dan meningkatnya kadar lemak darah. Ketiganya merupakan faktor resiko penyakit jantung.

12. Hindari Pola Hidup yang Tidak Sehat
Pola hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Kebiasaan buruk seringkali mendorong seseorang menerapkan pola hidup yang tidak sehat seperti banyak begadang, makan berlebihan, kurang aktivitas fisik, dan lain sebagainya.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *