BMI (Body Mass Index) dan Status Berat Badan

Apa yang Dimaksud BMI (Body Mass Index)?
BMI adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara berat badan dan tinggi badan seseorang yang digunakan untuk menentukan kategori berat badan orang tersebut, apakah orang tersebut kekurangan berat badan, kelebihan berat badan, kegemukan (obesitas) atau berat badannya normal. BMI adalah indikator relatif lemak tubuh yang dapat digunakan untuk memperkirakan resiko seseorang terhadap penyakit-penyakit yang berhubungan dengan berat badan yang tidak normal.

Apa Kegunaan BMI?
BMI digunakan sebagai alat identifikasi masalah berat badan pada orang dewasa, BMI bukanlah alat diagnostik yang menunjukkan apa penyakit yang diderita oleh seseorang. BMI hanyalah salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam menilai berat badan seseorang. Untuk menentukan apakah kelebihan berat badan merupakan suatu resiko kesehatan, dokter harus melakukan pemeriksaan medis yang memadai.

Bagaimana Menghitung BMI?
BMI dihitung dengan menggunakan rumus: berat badan (dalam kilogram) dibagi dengan kuatdrat tinggi badan (dalam meter).

Rumus menghitung BMI

Rumus menghitung BMI


Interpretasi BMI pada Orang Dewasa
Untuk orang berusia 20 tahun ke atas, BMI diinterpretasi menggunakan kategori standar status berat badan yang sama untuk semua umur baik pria maupun wanita. Kategori standar status berat badan tersebut ditunjukkan pada table di bawah ini.

BMI Status Berat Badan
Kurang dari 18.5 Kekurangan berat badan
18.5 – 24.9 Normal (ideal)
25.0 – 29.9 Kelebihan berat badan
30.0 atau lebih Kegemukan (Obesitas)

Interpretasi BMI untuk Anak-anak dan Remaja
Meskipun BMI untuk orang dewasa dan anak-anak dihitung dengan menggunakan rumus yang sama, namun cara interpretasi BMI untuk anak-anak dan remaja berbeda dengan interpretasi BMI orang dewasa.Untuk anak-anak dan remaja, penentuan status berat badan menggunakan persentase yang bergantung pada usia dan jenis kelamin karena banyaknya lemak tubuh pada anak-anak dan remaja masih berubah-ubah dengan bertambahnya umur dan banyaknya lemak tubuh berbeda antara anak laki-laki dan perempuan.
Untuk anak-anak dan remaja, setelah dihitung BMI dicocokkan pada tabel atau grafik persentase status berat badan untuk anak laki-laki atau untuk anak perempuan. Persentase yang terbaca tersebut menunjukkan status berat relatif anak tersebut terhadap anak-anak yang seusia dan sama jenis kelaminnya.

BMI dan Kondisi Kesehatan
Jika berat badan seseorang di luar berat badan normal (ideal), ia mungkin akan mempertimbangkan untuk meminta bantuan professional untuk mendapatkan berat badan yang normal, karena baik kekurangan berat badan maupun kelebihan berat badan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Kelemahan Penggunaan Perhitungan BMI
Ada beberapa kelemahan dalam penggunaan BMI untuk menginterpretasi status berat badan orang dewasa, antara lain:

  • BMI tidak mempertimbangkan faktor umur sehingga kemungkinan underestimasi untuk orang lanjut usia.
  • BMI tidak mempertimbangkan faktor massa otot, sehingga mungkin overestimasi bagi para atlit olahraga yang berotot.
  • BMI mungkin overestimasi pada wanita hamil.
  • BMI tidak mempertimbangkan faktor bentuk rangka tubuh, sehingga rentang nilainya berbeda untuk setiap populasi
  • BMI tidak mempertimbangkan perbedaan jenis kelamin, sehingga mungkin overstimasi terhadap sebagian pria.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *