Bagaimana Mengurangi Kebiasaan Ngemil Makanan Bergula?

Gula adalah salah salah satu penyedap rasa yang paling banyak dikonsumsi. Terlalu banyak mengkonsumsi gula tidak baik bagi kesehatan. Jika anda ingin mencoba mengurangi kebiasaan ngemil makanan manis berikut beberapa tips menahan keinginan untuk ngemil makanan bergula.

Banyak Minum Air Putih
Rasa tidak nyaman di mulut dapat disebabkan tubuh mengalami dehidrasi ringan. Banyak minum air putih dapat membantu anda mengurangi keinginan untuk ngemil makanan bergula.

Makan yang Cukup
Jika perut anda merasa cukup kenyang, maka anda kurang berminat untuk ngemil khususnya makanan yang bergula.

Siapkan Sendiri Bekal untuk Ngemil

Jika anda membawa sendiri bekal untuk ngemil, anda bisa selektif memilih bahan makanan yang lebih sehat dan menghindari pilihan makanan manis yang tersedia di kantin atau tempat jajan lainnya.

Rajin Berolahraga
Perasaan kurang energi membuat orang cenderung memilih makanan manis untuk menambah gairah dan semangat beraktivitas. Saat berolahraga tubuh kita melepaskan endorphin yang memberikan perasaan penuh energi.

Ganti dengan Makanan Camilan yang Lebih Sehat
Banyak makanan dan minuman sehat yang bisa menjadi alternatif pengganti makanan bergula untuk ngemil seperti buah, kacang-kacangan, biji-bijian, permen karet tanpa gula, softdrink bebas gula, teh hijau tanpa gula, jus tanpa gula, dsb.

Hilangkan Kebiasaan Secara Bertahap
Jika anda menyukai makanan bergula tertentu, usahakan mengurangi porsi mengkonsumsi makanan tersebut secara bertahap. Substitusi porsi yang dikurangi dengan makanan alternatif lain yang lebih sehat.

Cukupi Kebutuhan Nutrisi Harian
Makanan yang kurang seimbang gizi dapat menyebabkan perut lebih cepat lapar. Penuhi kebutuhan makronutrien harian dari makanan berupa sumber karbohidrat, protein, lemak yang memberikan energi dan rasa kenyang. Cukupi pula kebutuhan vitamin dan mineral terutama dari sayur dan buah.

Lakukan Aktivitas Lain
Ngemil dapat disebabkan karena banyak hal seperti, lelah, mengantuk, bosan, stress, dsb. Kenali penyebabnya dan lakukan hal-hal lain secara positif untuk mengatasi masalah-masalah tersebut contohnya beristirahat sejenak, mendengarkan musik, bercengkrama, dsb.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *