Bagaimana Memilih Kulkas yang Cocok untuk Anda

Kulkas adalah salah satu inovasi yang paling bermanfaat. Kulkas dibutuhkan setiap rumah tangga untuk menyimpan makanan agar awet, menyediakan air dingin dan memproses makanan. Kulkas dapat dipakai lebih dari sepuluh tahun, oleh karena itu anda harus memilih kulkas yang cocok untuk anda gunakan dalam jangka waktu tersebut. Berikut panduan membeli kulkas yang cocok dengan kebutuhan.

1. Volume
Kapasitas penyimpanan sebuah kulkas adalah besaran volume ruang di dalam kulkas. Semakin besar kapasitas sebuah kulkas maka semakin besar ukuran dimensi kulkas. Pilih kapasitas kulkas yang cocok dengan volume makanan yang akan anda simpan.

2. Konsumsi Energi Listrik
Anda harus mempertimbangkan ketersediaan daya listrik dirumah saat membeli kulkas. Kulkas akan terhubung dengan sumber listrik selama kulkas dipakai. Untuk kapasitas kulkas yang sama pilih kulkas yang membutuhkan daya listtrik yang lebih kecil.

3. Pembagian Ruang
Kulkas kapasitas kecil biasanya hanya memiliki satu pintu. Kulkas yang lebih besar dapat memiliki 2 pintu, 3 pintu, atau 4 pintu. Pembagian ruangan dalam kulkas sangat membantu menata container dan bahan makanan dalam kulkas.

4. Ukuran
Jika anda ingin membeli kulkas baru yang lebih besar untuk mengganti kulkas lama, anda harus memikirkan ketersediaan ruang yang cukup untuk kulkas baru anda.

5. Kualitas Bahan
Seringkali kulkas diganti bukan karena kehilangan fungsi pendinginnya tetapi karena kerusakan bagian luar seperti roda lepas, karat pada body luar kulkas, pintu tidak dapat ditutup rapat, dsb. Pastikan anda memilih kulkas dengan kualitas bahan yang baik untuk memastikan kulkas anda akan tahan lama.

6. Harga
Sebaiknya anda sudah mengetahui rentang harga sebuah kulkas dengan kapasitas dan jumlah kompartemen (jumlah pintu) yang anda inginkan sesuai dengan ketersediaan dana anda. Jika anda memiliki dana lebih, anda dapat memilih kulkas dengan fitur tambahan.

7. Fitur Tambahan
Fitur tambahan dapat berupa kompartemen khusus, container yang bisa disusun ulang sesuai selera, dispenser air dingin, alarm temperatur, dan lain sebagainya.

8. Desain
Desain sebuah kulkas akan mempengaruhi tata kelola ruang dapur anda dari segi estetika. Pertimbangkan untuk memiliki kulkas dengan desain yang mendukung penampilan interior dapur anda.

9. Merek
Anda tentu memiliki merek barang elektronik favorit yang memudahkan anda mempersempit pilihan anda.

10. Garansi dan Layanan Purna Jual
Produsen yang baik akan memberikan garansi produk yang memadai dan layanan purna jual yang bereputasi baik. Ada baiknya anda memilih kulkas dari produsen yang anda anggap dapat dipercaya.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *