Bagaimana Cara Merangsang Kreativitas Anak?

Setiap anak pasti memiliki bakat tertentu. Cepat atau lambat anak akan menunjukkan minat dan bakatnya pada suatu bidang. Semakin cepat anak menunjukkan bakatnya, maka semakin dini orangtua dan guru dapat membantu mendorong anak mengembangkan bakat tersebut. Bakat ini seringkali ditunjukkan dalam bentuk kreativitas. Orang tua dapat membantu merangsang kreativitas anak. Bagaimana cara mendorong kreativitas anak? Berikut beberapa tips merangsang kreativitas anak.

1. Biarkan Anak Mencoba
Sebagian anak sangat percaya diri untuk melakukan sesuatu, bahkan yang belum pernah dilakukannya sebelumnya. Saat anda menyiram bunga, membuka kado, memberi makan hewan peliharaan, dan lain sebagainya, ia sangat ingin membantu melakukannya. Dengan melakukan hal tersebut anak akan segera mempelajari bahwa pekerjaan sederhana sekalipun memerlukan trik-trik tertentu.

2. Bercerita
Bercerita atau membacakan cerita membantu anak mengembangkan imajinasinya. Imajinasi yang berkembang ini seringkali dimunculkan dalam bentuk kreativitas misalnya saat bermain boneka ia akan menghidupkan karakter yang pernah ia dengar dari cerita. Demikian pula saat menentukan idola atau cita-cita ia sangat ingin menjadi pahlawan yang baik hati.

3. Bermain Peran
Anak-anak suka bermain peran. Banyak sekali manfaat bermain peran bagi anak antara lain melatih imajinasi, melatih komunikasi, mengembangkan ide, dan melatih kreativitas.

4. Bernyanyi dan Membuat Musik Sendiri
Hampir semua penyanyi tekenal dan musisi ternama telah menunjukkan bakatnya sejak kecil, sebelum ada yang mengajari cara bernyanyi atau bermain musik yang benar.

5. Berikan Kesempatan Bermain

Saat bermain bebas, anak akan secara spontan mengeksplorasi minat dan kemampuannya. Anak akan senang dan bahagia jika ia bisa melakukan yang disukainya.

6. Berikan Mainan yang Disukai Anak
Hampir semua jenis mainan anak dapat menjadi alat bantu mengembangkan kreativitas anak. Jangan memberikan mainan yang anda suka, berilah mainan yang ia suka.

7. Beri Penghargaan Atas Kreasi Anak
Memberi penghargaan tidak harus berupa hadiah. Memuji kreasi atau karya anak akan menambah semangat dan rasa percaya diri anak. Jangan memberikan komentar negatif atau memarahi atas kekurangan anak saat ia mencoba idenya sendiri dalam menulis, menggambar, menyusun puzzle, dsb.

8. Beri Inspirasi dengan Berkomunikasi

Banyak berkomunikasi dan berdiskusi akan menambah wawasan anak dan membuat anak lebih percaya diri untuk mengungkapkan ide-idenya. Beri inspirasi anak dengan kisah orang-orang yang sukses di bidangnya.

9. Dorong Anak Mengikuti Lomba
Jika anak anda menunjukkan kelebihan pada suatu bidang, dorong ia untuk mengikuti lomba. Selain mengukur kemampuan sang anak, mengikuti lomba juga membantu anak lebih percaya diri untuk bersaing dengan orang lain.

10. Beri Kesempatan Anak Memperluas Wawasan
Bantu anak memperluas wawasan dengan cara yang menyenangkan seperti memberikan bacaan (majalah, buku, ensiklopedia,kamus, dll), menonton video, mengunjungi pameran, menyaksikan lomba, ke kebun binatang, berwisata alam, dan lain sebagainya.

11. Beri Kesempatan Anak Bergaul
Bersosialisasi sangat bermanfaat untuk mengembangkan kepribadian anak. Biarkan anak bergaul dan bersosialisasi. Akan ada banyak inspirasi yang diperoleh anak dari teman-temannya.

12. Libatkan Diri dalam Dunia Anak
Banyak hal yang dapat anda pelajari saat menemani anak ketika bermain, membuat origami, menggambar, belajar bahasa Inggris, membuat PR, dsb. Anda dapat mengukur tingkat keterampilan anak dan melihat apa kekurangannya sehingga anda dapat membantu dengan cara yang lebih fokus.

Gunakan Ide Anda

Anda mungkin memiliki pendekatan khusus dalam memberikan dukungan moril kepada anak. Tentu saja anda bisa menggunakan pendekatan tersebut untuk merangsang kreativitas si kecil.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *