Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Audiens?

Pekerjaan, posisi, jabatan, atau status anda terkadang membuat anda harus berbicara di depan audiens untuk memberikan sambutan, meresmikan acara, berpidato, ceramah dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang yang memiliki keterampilan alami dalam berkomunikasi, hal ini bukanlah masalah. Tetapi bagi kebanyakan orang, berbicara di depan umum adalah sebuah tantangan besar. Jika anda kesulitan untuk berbicara di depan audiens, anda sebaiknya mulai berusaha meningkatkan kemampuan anda untuk berbicara di depan banyak orang. Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Penguasaan Bahan Pembicaraan
Sebelum berbicara di depan umum, anda hendaknya mempersiapkan bahan apa yang anda bicarakan. Anda akan dapat berbicara banyak jika anda memahami banyak tentang topik yang akan dibahas.

Urutan Pembahasan
Membuat urutan sub-sub topik pembicaraan membantu anda untuk berbicara efektif. Anda tidak perlu mengulang apa yang dibahas sebelumnya. Anda juga tidak akan melewatkan apa yang semestinya dibahas lebih dahulu. Contoh sederhana, jangan memperkenalkan diri setelah membicarakan sub-topik kedua. Bila anda tidak yakin bisa menghapalkan urutan pembicaraan, tidak mengapa membawa catatan mengenai urutan pembicaraan.

Kontrol Suara
Berbicaralah dengan jelas. Berikan penekanan suara bila diperlukan. Atur intonasi dengan baik sesuai dengan kemampuan vokal anda. Usahakan pula mengontrol napas, jangan sampai anda tersengal-sengal dan nafas anda terdengar oleh hadirin.

Bahasa Tubuh dan Ekspresi
Sikap tubuh mempengaruhi penampilan seseorang. Sikap badan harus luwes dan tidak terlihat kaku. Gunakan tangan untuk memberikan penekanan, aba-aba, ilustrasi, dan ekspresi lainnya sesuai kebutuhan. Gunakan juga perubahan mimik wajah untuk memberikan ekspresi yang mendukung.

Penghargaan untuk Audiens
Berbicara di depan umum harus dianggap sebagai interaksi dua arah yang saling memberi. Anda memberikan materi, audiens memberikan perhatian. Pandangi wajah-wajah audiens karena mereka juga memandangi wajah anda. Mintalah persetujuan mereka terhadap apa yang anda sampaikan. Ajak audien mengeluarkan suara.

Selingan
Menyelipkan humor dalam pembicaraan dapat membantu mencairkan suasana canggung, letih, dan bosan. Ajaklah audiens tertawa bila ada pembicaraan yang lucu.

Fokus
Fokuskan untuk menyelesaikan pembicaraan dengan menggunakan waktu yang tersedia secara efektif. Buat perkiraan target waktu untuk setiap sub-topik pembicaraan. Dengan cara ini anda terhindar dariĀ  masalah kekurangan waktu penyampaian.

Latihan, Latihan, latihan
Berbicara di depan umum adalah sebuah keterampilan yang hanya dapat ditingkatkan dengan banyak berlatih. Berlatih di depan cermin atau merekam latihan berbicara anda akan membantu anda memperbaiki hal-hal yang anda anggap masih kurang baik.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *