Bagaimana Cara Menambah Berat Badan Secara Alami? (12 Tips)

Timbangan berat badan

Setiap orang harus berusaha untuk memiliki dan mempertahankan berat badan ideal. Menjaga berat badan tidak hanya perlu untuk menjaga penampilan fisik tetapi sangat penting untuk menjaga kesehatan. Badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan tertentu. Sementara banyak orang yang ingin menurunkan berat badan yang berlebihan, orang-orang yang terlalu kurus disarankan untuk menaikkan berat badannya sampai tercapai berat badan ideal. Bagaimana cara menaikkan berat badan secara alami? ikuti beberapa tips menambah berat badan berikut ini.

1. Tingkatkan Asupan Kalori
Tingkatkan asupan kalori anda dengan menambah konsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat. Orang yang kurus seringkali karena mereka kurang mendapatkan asupan kalori. Padahal setiap orang mengeluarkan kalori setiap hari. Jika tubuh anda tidak pernah menyimpan kalori dalam otot atau lemak, maka tubuh anda akan cenderung kurus.

2. Jaga Tubuh Tetap Sehat
Beberapa gangguan kesehatan dapat menyebabkan tubuh anda tidak dapat menyerap atau mengelola nutrisi dari makanan yang dimakan. Hal ini menyebabkan tubuh anda tidak dapat memanfaatkan atau menyimpan kalori sebagaimana mestinya.

3. Dapatkan Tidur yang Cukup
Dapatkan tidur yang cukup untuk membantu metabolisma tubuh berlangsung lebih baik. Saat tidur adalah waktu yang baik bagi tubuh anda untuk membentuk dan memperbaiki jaringan otot. Kurang tidur seringkali memicu pola hidup yang kurang sehat seperti minum kafein, makan tidak teratur, bekerja berlebihan, dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi berat badan anda.

4. Makan Makanan Sehat Seimbang
Makanlah makanan sehat secara seimbang gizi dalam jumlah yang cukup. Untuk menyelenggarakan metabolisma dengan baik, tubuh anda memerlukan vitamin, mineral, dan serat yang membantu tubuh menyerap dan mengelola makanan yang dikonsumsi. Kekurangan vitamin dan mineral tertentu dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik.

5. Minum Air Putih dalam Jumlah yang Cukup
Air merupakan komponen penting penyusun otot. Mencukupi kebutuhan minum dapat membantu tubuh anda membangun otot. Air putih juga berperan membantu metabolisma tubuh sehingga membuat penyerapan nutrisi oleh sel-sel tubuh lebih efektif.

6. Berolahraga Secara Teratur
Berolahraga secara teratur sangat baik untuk kesehatan. Berolahraga dapat membantu meningkatkan nafsu makan sehingga meningkatkan asupan kalori. Latihan beban dapat membantu meningkatkan massa otot.

7. Jangan Merokok
Jika anda merokok, berhentilah. Merokok dapat merugikan kesehatan anda melalui banyak cara. Orang yang kecanduan merokok cenderung kurang memiliki nafsu makan dibandingkan dengan nafsu merokok. Perokok juga seringkali banyak minum kopi yang mengadung kafein yang juga mengurangi nafsu makan. Itulah sebabnya mengapa perokok cenderung lebih kurus dari orang yang tidak merokok.

8. Hindari Stress
Stress cenderung memicu pola hidup kurang sehat seperti kurang tidur, banyak merokok, banyak minum alkohol, menggunakan narkoba, dan lain sebagainya yang dapat membuat anda kehilangan selera makan  sehingga tubuh anda kekurangan nutrisi.

9. Minum Susu Secara Rutin
Minum susu tidak hanya baik bagi anak-anak tetapi juga bagi orang dewasa bahkan orang lanjut usia. Minum susu sangat dianjurkan bagi orang yang terlalu kurus. Susu kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang sangat diperlukan dalam pembentukan jaringan tubuh.

10. Temukan Kebahagiaan Anda
Seimbangkan hidup anda dengan mendapatkan kebahagiaan. Banyak pikiran atau panjang angan-angan tidak hanya dapat membuat anda stress tetapi juga menghabiskan energi. Rasa bahagia dapat meningkatkan aktivitas hormon, menjaga selera makan, mengurangi kerja otak, dan terhindar dari pola hidup yang tidak sehat.

11. Variasikan Menu Makanan Anda
Sebagian orang adalah “pemilih” dalam mengkonsumsi makanan. Ia hanya suka makan makanan tertentu dan menghindari makanan lainnya sehingga variasi makanan yang dikonsumsi sangat terbatas. Makanlah lebih banyak jenis sayuran, buah, ikan, kacang dan bahan makanan lainnya. Membuat variasi menu makanan akan membantu anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara lengkap.

12. Makan Snack
Makan snack atau camilan dapat membantu anda menambah asupan kalori. Kelebihan asupan kalori akan disimpan dalam tubuh dalam jaringan otot dan jaringan lemak. Perlu diingat, pilihlah snack yang sehat dan bernutrisi.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *