Bagaimana Cara Memotivasi Karyawan?

Jika anda seorang atasan atau pemilik usaha yang memiliki karyawan, maka anda tentu ingin mereka selalu bekerja dengan motivasi tinggi agar produktivitas kerja mereka senantiasa tinggi. Motivasi adalah property yang dapat berubah setiap waktu. Oleh karena itu mengelola atau memanajemen sumber daya manusia adalah aktivitas yang kontinu dan dinamis. Jika anda orang yang belum berpengalaman, anda sebaiknya mempelajari bagaimana cara memotivasi karyawan secara benar. Berikut beberapa tips cara memotivasi karyawan yang bisa memberi inspirasi anda.

Buatlah Sistem Penggajian yang Adil
Salah satu alasan utama orang bekerja adalah untuk mendapatkan gaji. Ciptakan struktur gaji yang adil dan kompetitif. Buatlah karyawan nyaman dengan sistem penggajian yang berlaku. Berikan karyawan bonus jika perusahaan mendapatkan profit sesuai target.

Jadikan Karyawan Sebagai Partner
Buat karyawan anda memiliki visi dan tujuan yang sama dengan anda. Jangan menggunakan karyawan sebagai alat. Buatlah mereka merasa bahwa kesuksesan perusahaan adalah kesuksesan bersama.

Kenali Kebutuhan Pribadi Karyawan
Salah satu alasan karyawan bekerja dengan giat dan setia adalah saat ia merasa kebutuhan pribadinya mendapatkan perhatian yang cukup. Upayakan untuk meningkatkan kemampuan karyawan untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.

Berikan Penghargaan
Salah satu alasan penting seseorang bekerja adalah karena ingin mendapatkan penghargaan atas apa yang ia lakukan. Dengan memberikan penghargaan terhadap prestasi dan kesetiaan, maka karyawan akan terdorong untuk lebih giat untuk mempertahankan apa yang telah ia peroleh.

Minta Masukan
Mintalah masukan dari karyawan mengenai kebijakan yang akan mempengaruhi kegiatan mereka. Hal ini membantu anda dalam mengambill kebijakan yang dapat mempengaruhi keinerja mereka.

Beri Kepercayaan
Pada dasarnya setiap orang ingin dihargai dan dipercaya. Berikan kepercayaan kepada karyawan sesuai dengan jenis dan levelĀ  jabatannya. Jangan menunjukkan ketidakpercayaan saat karyawan ingin menunjukkan kemampuannya.

Berbagi Tanggungjawab
Usaha untuk memenuhi target harus dilihat sebagai tanggungjawab bersama dengan karyawan. Kegagalan karyawan dalam memenuhi target harus dilihat sebagai kegagalan bersama.

Peduli
Karyawan akan termotivasi untuk melakukan aktivititas dalam bekrja jika merasa berada di lingkungan sosial yang nyaman. Tunjukkan kepedulian anda untuk membantu karyawan untuk maju dan berkembang.

Bantu Karyawan Meningkatkan Kemampuan
Berikan kesempatan bagi karyawan untuk meningkatkan kemampuan teknis misalnya melalui pelatihan, kursus, sertifikasi keahlian, dan lain sebagainya. Hal ini memungkinkan mereka berkembang dan meningkatkan karir.

Berikan Tantangan
Tantangan akan membuat orang berbuat lebih. Diskusikan dengan karyawan mengenai target yang bisa dicapainya.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *