Bagaimana Cara Memotivasi Diri untuk Berolahraga? (10 Tips)

Pada umumnya orang yang tahu manfaat berolahraga secara teratur. Pada kenyataannya, masih banyak orang yang jarang berolahraga karena berbagai alasan. Salah satunya adalah kurangnya motivasi. Jika apa yang dilakukan oleh orang lain tidak bisa membuat anda termotivasi, anda sebaiknya mengetahui cara memotivasi diri sendiri. Jika anda ingin memotivasi diri agar rajin berolahraga, berikut beberapa tips yang dapat anda coba ikuti.

1. Lakukan Olahraga yang Anda Suka
Lakukan olahraga yang anda suka atau pernah anda sukai. Jika anda belum pernah berolahraga, anda dapat mencoba beberapa jenis olahraga satu persatu sebelum memutuskan jenis oleharaga yang paling cocok untuk anda. Cobalah mulai dengan olahraga sederhana seperti jalan kaki atau jogging.

2. Lakukan Secara Teratur
Jika anda biasa melakukan olahraga secara tidak teratur, anda akan cenderung menunda untuk berolahraga. Terlalu lama tidak berolahraga dapat membuat anda malas dan otot lebih kaku untuk memulai olahraga lagi.

3. Buat Target
Lakukan olahraga dengan membuat target secara bertahap. Jika di awal latihan anda hanya kuat jogging 10 menit, tingkatkan target anda secara bertahap berdasarkan mingguan atau bulanan dengan menambah durasi menjadi 15 menit, 20 menit, 25 menit, sampai 30 menit.

4. Cari Teman
Bergabung dengan klub atau perkumpulan olahraga seperti aerobik, jogging, bersepeda, dsb, sangat bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan anda.

5. Rasakan Efek Berolahraga
Banyak manfaat berolahraga yang dapat anda rasakan langsung seperti banyak minum air putih, tidur lebih nyenyak, badan lebih segar, dsb. Bandingkan dengan saat anda belum melakukan olahraga secara teratur.

6. Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan
Jika anda mengikuti klub atau perkumpulan olahraga anda bisa mendapatkan pelatihan dari pelatih professional. Jika anda melakukan olahraga sendiri, anda dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis dengan belajar melalui video.

7. Beri Penghargaan bagi Diri Sendiri
Hargai keberhasilan anda memenuhi target. Misalkan anda akan membeli sepatu jogging yang baru jika berhasil memenuhi target jogging dalam durasi 30 menit dalam setiap sesi latihan.

8. Investasikan Gadget Olahraga
Memiliki alat olahraga sendiri yang memadai dapat membantu meningkatkan motivasi berolahraga. Jika anda malas ke gym atau fitness center, anda dapat menyediakan sendiri treadmill, sepeda statis, atau perangkat fitness lainnya.

9. Lakukan dengan Cara Menyenangkan
Anda bisa latihan menggunakan treadmill sambil menonton TV. Anda juga bisa jogging di pantai sambil mendengarkan musik dari handphone dan mengajak anjing anda. Anda juga bisa bersepeda sambil membawa kamera untuk memotret hal-hal menarik yang anda temui di jalan.

10. Pelajari Kisah Sukses Orang Lain
Jika anda merasa sulit untuk mendorong diri sendiri untuk berolahraga, anda tidak sendiri. Tidak sedikit orang yang sukses memotivasi diri untuk berolahraga harus bekerja keras di awalnya. Anda bisa membaca kisah-kisah sukses tersebut melalui buku, majalah, atau internet. Bahkan anda dapat berinteraksi langsung dengan orang yang memiliki kisah sukses dan berbagi cerita melalui blog pribadi atau forum.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *