Bagaimana Cara Memotivasi Anak untuk Menurunkan Berat Badan (7 Tips)

Kelebihan berat badan dan obesitas (kegemukan) dapat terjadi pada anak-anak, orang dewasa, maupun orang dewasa tua. Kelebihan berat badan dan obesitas meningkatkan resiko berbagai penyakit gangguan metabolisma (seperti diabetes dan tekanan darah tinggi) dan penyakit kardiovaskular (seperti penyakit jantung dan stroke). Jika anak anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, anda harus membantu dan memotivasi anak untuk menurunkan berat badan. Berikut beberapa tips mendorong anak untuk menurunkan berat badan.

1. Berikan Gambaran tentang Resiko Kelebihan Berat Badan
Umumnya anak belum menyadari hubungan antara kelebihan berat badan dengan resiko penyakit. Berikan penjelasan beberapa contoh penyakit yang lebih mungkin diderita oleh orang yang kelebihan berat badan.

2.  Beritahukan Mengenai Pemilihan Makanan Sehat
Berikan masukan pada anak mengenai jenis-jenis makanan yang berpotensi membuat gemuk. Berikan juga penjelasan mengenai makanan-makanan yang baik untuk menurunkan berat badan tanpa harus mengurangi kebutuhan nutrisi harian anak.

3. Ajak Anak Melakukan Olahraga
Olahraga baik untuk semua orang. Ajak anak melakukan olahraga bersama untuk meningkatkan motivasi anak berolahraga dan memberi teladan aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan. Anak akan lebih mudah mengikuti saran jika ada yang member contoh.

4. Dorong Anak Melakukan Aktivitas Fisik
Ajak anak berwisata outbond, pegunungan, pantai, tea walk, dsb. Ajak anak dalam kegiatan di rumah yang melibatkan aktivitas fisik seperti berkebun atau membersihkan rumah. Tawarkan mainan yang memacu anak untuk aktif seperti sepeda, roller blade, raket, dsb. Biarkan anak mempunyai waktu bermain dengan teman-temannya.

5. Periksakan Kesehatan Anak Secara Berkala
Bertemu dokter adalah kesempatan terbaik bagi anak untuk mendapatkan petunjuk dan nasehat secara medis. Anak cenderung lebih mempercayai dan patuh pada nasehat dokter mengenai kesehatan karena dokter dapat memberi penjelasan medis lebih memadai.

6. Tingkatkan Pengetahuan Anak Mengenai Kesehatan
Sediakan video atau majalah mengenai kesehatan untuk meningkatkan kesadaran anak mengenai pentingnya menjaga kesehatan khususnya mengurangi kelebihan berat badan.

7. Sediakan Timbangan Badan di Rumah
Menyediakan timbangan badan di rumah dapat membantu memotivasi usaha anak yang ingin menurunkan berat badan. Berkurangnya berat badan sedikit saja dapat mempengaruhi keyakinan anak bahwa upaya menurunkan berat badan sangat mungkin bisa dicapai secara bertahap.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *