Bagaimana Cara Membuat Orang Lain Menghargai Anda? (10 Tips)

Normalnya, setiap orang ingin dihargai oleh orang lain. Merasa dihargai membuat seseorang lebih tenang, nyaman, dan percaya diri berada suatu lingkungan sosial. Mendapatkan respek positif dari orang disekitar anda sangat penting pada setiap situasi dimana anda harus banyak berkomunikasi dengan mereka. Membuat orang lain menghargai anda memerlukan keterampilan mengelola kepribadian. Bagaimana membuat orang lain menghargai anda? Berikut beberapa tips sederhana yang dapat membuat anda dihargai oleh orang lain.

1. Hargai Orang Lain
Perlakuan orang lain sebagaimana anda juga ingin diperlakukan. Jika anda ingin dihargai orang lain maka anda juga harus menghargai orang lain.

2. Hargai Diri Anda Sendiri
Jika anda suka berkeluh kesah dan menyalahkan diri sendiri, maka orang menilai anda sebagai orang yang tidak berpikir positif. Anda berharap orang lain menghagai anda hanya jika anda dapat menghargai diri anda sendiri.

3. Jaga Penampilan Anda
Orang tidak selalu menilai kepribadian anda melalui cara anda berbicara dan apa yang anda bicarakan. Menjaga penampilan yang rapi dapat membuat orang lain menghargai anda. Sebaliknya penampilan yang tidak pantas seperti napas bau, tubuh berkeringat, merokok di tempat umum, berpakaian tidak pantas, dan lain sebagainya dapat membuat orang lain tidak respek kepada anda.

4. Bersikap Bijaksana
Bersikap bijaksana adalah menempatkan segala sesuatu pada tempatnya. Anda boleh marah pada tempatnya misalnya saat anda dirugikan. Anda boleh mengalah pada tempatnya, misalnya saat menghadapi orang yang terlalu emosi.

5. Miliki Integritas yang Baik
Anda akan lebih dihargai orang lain jika anda memiliki integritas yang baik. Berusaha berlaku jujur, berbuat yang terbaik, penuh dedikasi, dan berani bertanggungjawab adalah bentuk integritas yang baik dan layak dihargai semua orang.

6. Jadilah Diri Sendiri
Anda boleh meniru sifat dan sikap orang lain selama hal itu bersifat positif tanpa harus meninggalkan jati diri (sense of identity) anda sendiri. Orang yang berusaha meniru orang lain dalam segala hal cenderung kehilangan jati diri dan bersikap berlebihan. Padahal banyak orang dihargai karena menunjukkan kepribadian dan pemikiran yang orisinil.

7. Miliki Etika
Miliki etika dalam bersikap dan berbicara. Hindari merendahkan orang lain atau menyakiti perasaan orang lain. Dengarkan dan hargai pendapat orang lain. Hindari menyikapi persaingan dan  perbedaan dengan cara destruktif atau curang.

8. Berani Mengeluarkan Ide dan Inisiatif
Berikan kontribusi pemikiran di lingkungan sosial di mana anda berada. Jangan sungkan untuk mengeluarkan ide dan inisiatif yang positif. Pada dasarnya kebanyakan orang lain senang mendengarkan ide dan inisiatif baru dan orisinil. Berikan pandangan dan komentar anda terhadap ide orang lain jika diminta.

9. Bersikap Tegas

Bersikap tegas tidak hanya membuat anda dihargai tetapi juga dihormati. Anda harus berani mengatakan “tidak” untuk alasan yang tepat. Jika anda selalu mengikuti “arus” di lingkunagn sekitar anda, anda tidak dapat membedakan jalan yang benar atau salah.

10. Ceria dan Bersahabat
Pada umumnya orang menyukai pribadi yang ceria dan banyak tertawa. Ciptakan suasana lingkungan sosial yang ceria dan penuh keakraban. Bersikaplah ramah kepada semua orang sekalipun anda tidak mengenalnya.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *