Armadillo Si Kecil Berbaju Besi

Nama armadillo dalam bahasa Spanyol berarti “si kecil berbaju besi”, sedangkan bangsa Aztec menyebutnya  azotochtli, yang dalam bahasa mereka (Bahasa Nahua) berarti “kura-kura – kelinci”. Nama ini mengacu pada bentuk tubuhnya yang mempunyai cangkang mirip baju besi atau mirip cangkang kura-kura.

Armadillo jenis sembilan ruas

Armadillo jenis sembilan ruas

Anatomi
Armadillo memiliki lempeng tulang yang menutupi bagian punggung, sebagian kepala, sebagian kaki, dan sebagian ekornya. Armadillo adalah satu-satunya mamalia yang hidup yang memakai cangkang seperti itu.
Armadillo mempunyai hubungan kekerabatan dengan tringgiling. Armadillo umumnya mempunyai moncong lancip atau berbentuk sekop  dan mata yang kecil. Ukuran dan warna hewan ini bervariasi. Armadillo peri yang berwarna pink atau berwarna salmon panjangnya hanya 15 cm dengan bobot 85 gram, sedangkan armadillo raksasa berwarna coklat tua dengan panjang mencapai 1,5 meter dengan berat mencapai 59 kg. Armadillo jenis lainnya berwarna hitam, merah, abu-abu dan kekuningan.

Habitat
Dari 20 jenis armadillo, 19 jenis hidup di Amerika Latin. Armadillo terutama hidup di wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah, khususnya di Paraguay dan sekitarnya. Salah satu spesies yaitu armadillo Sembilan ruas (Dasypus novemcinctus) juga terdapat di beberapa Negara bagian di Amerika Sekikat.
Armadillo hidup di habitat iklim sedang dan hangat, antara lain di hutan hujan, padang rumput, dan semi-gurun. Karena laju metabolisma tubuhnya rendah dan kurangnya cadangan lemak di tubuhnya, cuaca dingin adalah musuh yang mematikan bagi armadillo.

Perilaku
Armadillo dikenal sebagai hewan yang bisa menggulung diri menjadi bulat seperti hewan tringgiling. Namun tidak semua jenis armadillo dapat membungkus dirinya dalam cangkangnya. Hanya armadillo tiga ruas (Tolypeutes tricinctus) yang bisa membungkus kepala, kaki dan ekornya membentuk bola keras yang membingungkan predator yang akan memangsanya.
Armadillo mempunyai kaki-kaki yang pendek, tetapi sangat gesit. Hewan ini juga tahan menyelam dalam air sampai 6 menit. Karena cangkangnya sangat padat dan berat, armadillo akan tenggelam dalam air. Untuk dapat menyelam dan berenang dengan baik hewan ini menghirup banyak udara dan menggembungkan perutnya bahkan sampai dua kali ukuran normal.
Armadillo menggunakan cakarnya untuk menggali dan mencari makanan dan untuk membuat liang tempat tinggalnya. Armadillo membuat liang tempat tinggalnya yang hanya mempunyai satu jalan masuk dengan ukuran sesuai dengan ukuran tubuhnya. Armadillo adalah hewan soliter, artiya ia tidak membagi sarangnya dengan armadillo dewasa lainnya. Kebanyakan spesies armadillo tidur sampai 16 jam sehari.

Makanan
Armadillo adalah hewan omnivora, artinya hewan ini makan tumbuhan dan hewan lain. Armadillo tidak memiliki cadangan lemak tubuh, sehingga mereka harus mencari makanan setiap hari. Satwa ini mencari makan dini hari dan di malam hari. Mereka makan kumbang, semut, rayap, ulat dan serangga lainnya. Hewan ini memiliki pengelihatan yang sangat buruk, tetapi penciumannya sangat tajam membantu mereka berburu serangga. Kaki yang kuat dan cakar kaki depan yang besar sangat berguna untuk menggali, sedangkan lidah yang panjang dan lengket berguna untuk menangkap rayap dan semut dari liangnya. Selain makan serangga, armadillo juga makan vertebrata kecil, tumbuhan, beberapa jenis buah, bahkan kadang-kadang makan bangkai.

Reproduksi (Perkembangbiakan)
Armadillo betina siap kawin setelah berusia satu tahun. Kehamilan berlangsung antara 60 sampai 120 hari tergantung spesiesnya. Kebanyakan armadillo dari genus Dasypus melahirkan empat anak kembar. Saat lahir kulit bayi armadillo lunak dan kasar, kulit ini akan mengeras hanya dalam beberapa minggu.
Armadillo dapa hidup sampai 15 tahun.

Populasi
Jumlah populasi hampir semua spesies armadillo terancam karena kehilangan habitat dan perburuan. Sebagian kebudayaan di benua Amerika mengkonsumsi daging armadilo, rasa dan tekstur daging armadillo mirip daging babi. Saat ini, hanya populasi armadillo sembilan ruas yang berkembang, sedangkan beberapa spesies lainnya terancam punah.

Taksonomi
Klasifikasi ilmiah armadillo adalah sbb:
Kerajaan: Animalia, Filum: Chordata, Kelas: Mammalia, Super Ordo: Xenarthra, Ordo: Chingulata, Family: Dasypodidae,

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *