Apa Manfaat Minum Air Putih?

Minum air putih

Air merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh kita. Kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan kondisi yang disebut dehidrasi yang ditandai dengan rasa haus dan badan lesu. Oleh karena itu setiap orang disarankan untuk banyak minum air putih setiap hari. Mengapa minum cukup air putih setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh? Berikut beberapa manfaat minum air putih bagi kesehatan.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan
Meningkatkan asupan air putih dapat membantu mengurangi asupan kalori bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Minum air putih sebelum makan akan membantu anda merasa kenyang lebih cepat. Banyak minum air putih juga membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil. Air putih tidak mengandung kalori sehingga sangat cocok dikonsumsi menggantikan minuman bergula yang tinggi kalori.

2. Meningkatkan Imunitas
Minum cukup air putih setiap hari bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Air berperan penting dalam melarutkan dan membuang zat racun dan sisa metabolisma yang berbahaya bagi kesehatan. Banyak minum air memperlancar proses pembuangan zat-zat berbahaya ini dari dalam tubuh melalui urin.

3. Menjaga Kesehatan Kulit
Minum cukup air setiap hari membantu anda menjaga kesehatan kulit. Air sangat bermanfaat dalam menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tetap segar, lembut, dan halus. Minum cukup air setiap hari mencegah kulit kering, kulit berkerut, dan bintik (spot) kulit.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal
Minum air putih yang cukup setiap hari sangat bermanfaat membatu fungsi ginjal dan menjaga kesehatan ginjal. Banyak minum air putih dan mengurangi minuman manis membuat darah cenderung lebih “bersih”. Banyak minum air putih meringankan fungsi ginjal dalam menyaring darah. Kurang minum dapat memicu pembentukan batu ginjal.

5. Melancarkan Pencernaan
Begitu anda selesai makan maka anda akan merasa haus. Hal ini merupakan indikasi bahwa tubuh anda membutuhkan tambahan air untuk membantu pencernaan. Minum cukup air membantu melancarkan proses pencernaan. Minum cukup air juga membantu melancarkan buang air besar dan mengurangi resiko sembelit.

6. Mempertahankan Netralitas Derajat Keasaman Cairan Tubuh
Derajat keasaman tubuh (pH) tubuh harus senantiasa dipertahankan dalam keadaan netral dengan cara membuang bahan sisa metabolisma yang dapat mempengaruhi netralitas keasaman cairan tubuh. Minum cukup air putih setiap hari akan membantu memperlancar pembuangan zat-zat yang dapat mempengaruhi keasaman cairan tubuh tersebut.

7. Memperbaikdi Mood
Minum air putih dapat menurunkan suhu tubuh, menghilangkan haus, mengembalikan kesegaran tubuh, dan membuat anda merasa rileks. Kondisi ini membuat tubuh dan perasaan anda lebih nyaman sehingga meningkatkan mood. Mood yang baik bermanfaat mengurangi resiko stress.

8. Menjaga Fungsi otot dan Sendi
Mencukupi kebutuhan air minum setiap hari sangat bermanfaat menjaga kebugaran tubuh. Otot dan sendi harus mendapatkan hidrasi yang cukup setiap hari untuk berfungsi secara optimal. Minum cukup air putih setiap hari membantu menghidrasi otot dan sendi sehingga mengurangi resiko nyeri otot dan nyeri sendi.

9. Membuat Awet Muda
Banyak minum air putih adalah salah satu kebiasaan orang-orang yang awet muda. Banyak minum air putih membantu menjaga kesehatan kulit, mendetoksifikasi tubuh, mengurangi resiko stress, dan mendorong pola makan yang lebih sehat.

10. Meningkatkan Kebugaran Fisik dan Mental
Minum air putih dapat meningkatkan kebugaran fisik dan mental. Minum air putih sangat ampuh mengembalikan kebugaran fisik dan mental anda saat anda mengantuk, lelah, bangun tidur, suhu tubuh meningkat, dan kondisi lainnya.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *