Apa Itu Lemak Trans (Trans Fat)?

Apa yang Dimaksud Lemak Trans?
Lemak trans adalah jenis lemak yang molekulnya tersusun atas rangkaian atom-atom karbon (C) yang mengandung satu atau lebih ikatan ganda dan memiliki struktur trans (dua cabang molekul yang berseberangan dengan rangkaian utama molekul). Lemak trans adalah lemak yang terbentuk dari lemak cair dibuat menjadi lemak padat dengan penambahan atom hidrogen pada molekulnya. Penambahan molekul hidrogen ini disebut proses hidrogenasi. Lemak trans juga terdapat dalam bahan makanan secara alami, tetapi kandungannya sangat sedikit. Lemak trans berada  dalam fasa padat pada temperatur kamar. Lemak ini sering disebut juga asam lemak trans (trans fatty acid). Lemak trans kadang disebut juga lemak terhidrogenasi.

Mengapa Perusahaan Makanan Suka Menggunakan Lemak Trans?
Perusahaan makanan suka menggunakan lemak trans karena mudah digunakan, murah, dan tahan lama. Lemak trans juga dapat meningkatkan tekstur dan citarasa makanan. Banyak restoran cepat saji menggunakan lemak trans untuk menggoreng makanan karena minyak yang mengandung lemak trans dapat digunakan berulang kali.

Apa Pengaruh Mengkonsumsi Lemak Trans pada Tubuh?
Secara umum tubuh kita memang membutuhkan lemak dalam kuantitas tertentu. Selagi dalam batas wajar mengkonsumsi lemak tidak berbahaya untuk kesehatan. Kelebihan lemak dalam tubuh yang berasal dari makanan yang dikonsumsi cederung disimpan sebagai lemak tubuh. Kelebihan konsumsi lemak trans bisa meningkatkan angka kolesterol LDL ( kolesterol jahat) dalam darah sehingga meningkatkan resiko gangguan metabolisma dan meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular terutama penyakit jantung dan stroke.

Makanan Apa yang Mengandung Lemak Trans?
Lemak trans terdapat dalam banyak jenis makanan seperti makanan gorengan, donat, pastry, pie, biscuit, kue, cracker, margarine, dsb. Bahan makanan olahan dalam kemasan umumnya mencantumkan kadar lemak trans pada label nutrisi pada bagian luar kemasan.

Apakah Ada Lemak Trans Alami?
Ada sebagian kecil bahan makanan yang mengandung lemak trans alami contohnya beberapa jenis daging dan produk susu, contohnya daging sapi, daging domba, dan butterfat.

Berapa Batasan Asupan Lemak Trans Harian?
Untuk orang yang sehat, direkomendasikan asupan lemak trans kurang dari 1% kebutuhan kalori harian. Jika kebutuhan kalori anda 2000 kalori per hari, maka asupan lemak trans tidak boleh lebih dari 20 kalori per hari atau setara dengan 2 gram lemak trans per hari.

Bagaimana Cara Mengurangi Asupan Lemak Trans?
Ganti sebagian bahan makanan yang mengandung lemak trans dengan bahan makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal atau lemak tak jenuh jamak. Kurangi penggunaan minyak sawit atau minyak kelapa untuk memasak makanan. Pilih makanan kemasan yang tidak mengandung trans fat dengan melihat label nutrisinya. Tingkatkan asupan lemak nabati dari sayuran, kacang-kacangan, dan minyak sayuran (minyak zaitun, minyak kanola, dsb).

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *