Apa itu Kartu Pop Up?

Menerima kartu ucapan dari seseorang yang dekat atau akrab dengan kita tentu sangat menyenagkan. Meskipun dengan kemajuan teknologi informasi digital orang bisa saja memberi ucapan melalui telepon, SMS, email, atau anda di situs jejaring social (social network), namun itu tidak pernah membuat kartu ucapan kehilangan reputasi. Malahan sebagian orang menganggap bahwa orang yang memberi kartu ucapan telah memberikan dedikasi lebih dengan menyiapkan sebuah kartu ucapan, apalagi jika kartu ucapan tersebut buatan tangan sendiri.

Apa yang Dimaksud Kartu pop Up?

Salah satu bentuk kartu ucapan yang populer adalah kartu pop up. Pop up artinya “muncul secara tiba-tiba”. Kartu ucapan pop up adalah kartu ucapan yang apabila dibuka akan memunculkan suatu objek timbul (tiga dimensi). Apabila kartu pop up ditutup, maka secara tiba-tiba objek yang muncul tadi hilang tenggelam di dalam lipatan kartu. Kartu pop up ada yang dibuka secara horizontal dan ada pula yang dibuka secara vertikal.
Karena demikian menariknya kartu pop up, maka kartu ini tidak hanya digunakan sebagai kartu ucapan saja tetapi juga bisa digunakan sebagai hiasan atau bahan edukasi bagi anak-anak.

Cara Membuat Kartu Pop Up Sederhana
Bagaimana cara membuat kartu pop up? Berikut adalah langkah-langkah membuat kartu pop up sederhana:

Cara membuat kartu pop up sederhana

Cara membuat kartu pop up sederhana

  1. Ambil selembar kertas kartu, lipat menjadi dua. Buka lipatan kartu dan posisikan kartu terbuka tegak lurus (sudut 90 derajat)
  2. Buat sandaran objek yang akan dimunculkan seperti pada gambar 2 dan tempelkan sandaran dekat bagian lipatan kartu.
  3. Tempelkan gambar objek yang akan dimunculkan pada sisi depan sandaran
  4. Kartu pop up sudah siap, buka dan tutup untuk melihat apakah kartu pop up anda sudah berfungsi dengan baik. Perlu diperhatikan jangan sampai tinggi gambar melebihi tinggi kartu pada saat dilipat.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *