8 Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Dilarang merokok

Paru-paru adalah organ penting dalam tubuh yang vital bagi kehidupan. Paru-paru berfungsi sebagai organ yang mengelola oksigen dalam tubuh. Paru-paru mengumpulkan oksigen yang dihirup kemudian menyalurkannya ke seluruh tubuh dengan bantuan aliran darah. Oleh karena itu menjaga kesehatan paru-paru sangat penting bagi setiap orang. Bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru? Berikut beberapa tips menjaga kesehatan paru-paru yang dapat dilakukan oleh semua orang.

1. Olahraga Secara Teratur
Berolahraga secara teratur bermanfaat meningkatkan kapasitas paru-paru. Saat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, paru-paru bekerja sedikit lebih keras. Hal ini menjadi latihan yang baik bagi paru-paru karena dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dalam menampung oksigen.

2. Hindari Lingkungan dengan Udara yang Kotor
Polutan yang terdapat di udara dapat terhirup sampai ke paru-paru. Jika paru-paru terus menerus kemasukan polutan yang dapat menyebabkan iritasi, maka hal ini dapat menyebabkan gangguan fungsi paru-paru. Dalam jangka panjang hal ini dapat menyebabkan penyakit paru-paru. Gunakan peralatan masker khusus saat bekerja di lingkungan yang berasap, berdebu, atau mengandung polutan udara lainnya. Gunakan juga masker saat berkendara sepeda motor di jalan raya dimana banyak terdapat polusi dari debu dan asap kendaraan.

3. Jaga Kebersihan Udara Sekitar
Udara yang kotor mengandung banyak iritan yang berbahaya bagi tubuh kita. Udara yang kotor dapat terhirup sampai ke paru-paru dan menyebabkan berbagai gangguan fungsi paru-paru. Menjaga kebersihan udara di lingkungan sekitar dapat dilakukan dengan membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal. Udara yang berbau tidak sedap merupakan indikasi bahwa udara tersebut tidak bersih.

4. Jangan Merokok
Jika anda sangat peduli dengan kesehatan paru-paru, jangan merokok. Perokok selalu menghirup asap rokok yang mengandung banyak bahan berbahaya bagi kesehatan tubuh termasuk bagi paru-paru. Paru-paru adalah salah satu organ yang paling banyak menerima pengaruh asap rokok.

5. Cukupi Kebutuhan Gizi
Memenuhi kebutuhan gizi tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi organ tubuh termasuk paru-paru. Vitamin dan antioksidan sangat bermanfaat dalam mendetoksifikasi tubuh dan menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan kanker termasuk kanker paru-paru.

6. Ciptakan Udara Ruangan yang Berkualitas
Dari sudut pandang kesehatan, kualitas udara yang dihirup tidak hanya dipengaruhi adanya polutan atau tidak. Udara yang terlalu lembab atau pengap juga tidak baik bagi kesehatan. Udara yang berkualitas banyak mengandung oksighen. Upayakan tempat tinggal memiliki sirkulasi udara yang baik.

7. Gunakan Produk yang Aman bagi Paru-Paru
Beberapa produk kebutuhan rumah tangga dapat melepaskan partikel atau gas yang berbahaya bagi paru-paru jika terhirup. Hindari menggunakan produk yang tidak aman misalnya yang mengeluarkan bau tajam seperti ammonia.

8. Periksakan Kesehatan Secara Berkala
Gangguan kesehatan paru-paru seringkali tidak terdeteksi sejak dini dan baru terdiagnosis saat sudah semakin parah. Memeriksakan kesehatan secara rutin sekali setiap tahun dapat memantau kondisi umum kesehatan anda. Dapatkan pemeriksaan sinar X (pemeriksaan rontgen) untuk mengetahui kondisi jantung dan paru-paru anda.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *