8 Tips Mendorong Anak Gemar Menabung

Menabung adalah salah satu pilar penting dalam pengelolaan keuangan. Oleh karena itu ada baiknya kebiasaan menabung dikenalkan pada anak sejak dini. Hal ini akan membantu anak belajar mengelola keuangan secara bijak. Bagaimana cara mendorong anak agar gemar menabung? Berikut beberapa tips mendorong anak supaya gemar menabung.

1. Berikan Celengan
Celengan adalah salah satu tempat menabung yang paling sederhana. Berikan celengan yang bentuknya disukai oleh anak-anak. Celengan bisa menjadi properti kebanggaan anak yang bisa menghiasi kamar anak dan setiap saat bisa ditunjukan kepada orang lain.

2. Ajarkan Kepada Anak tentang Nilai Uang
Beri pemahaman kepada anak bahwa uang tidak diperoleh dengan gratis. Untuk mendapatkan uang orang harus bekerja keras dan penuh pengorbanan. Untuk mengumpulkan uang yang banyak, seseorang tidak hanya harus bekerja keras tetapi juga dalam waktu yang lama.

3. Berikan Contoh Manfaat Menabung
Hal yang mudah dipahami anak adalah manfaat nyata dari menabung. Berikan gambaran tentang manfaat dari menabung.

4. Dorong Anak Menyisihkan Uang Saku
Mintalah anak menyisihkan uang saku untuk ditabung. Anak mendapatkan uang saku setiap hari, yang tidak harus dihabiskan untuk jajan.

5. Jangan Memberikan Uang Saku Tambahan untuk Ditabung
Jangan memberikan uang saku tambahan hanya untuk ditabung karena hal ini mengurangi rasa berkorban anak untuk menabung uangnya sendiri. Jika anda ingin memberikan uang tambahan, lakukan sesekali sebagai penghargaan atas suatu prestasi atau aktivitas positif.

6. Jelaskan Makna Berhemat
Berikan penjelasan bahwa uang jajan tidak harus dihabiskan secara harian. Anak juga disarankan membawa makanan sendiri saat sekolah agar tidak mengandalkan jajan karena lapar.

7. Bantu Perencanaan Keuangan Anak
Tanyakan kepada anak akan digunakan untuk apa uang tabungannya. Hal ini akan membantu anak merencanakan dan mencapai tujuan keuangannya, misalkan untuk membeli alat olahraga, alat musik, gadget, atau barang pribadi lainnya.

8. Berikan Penghargaan
Jika saat tabungan dibuka, ternyata masih kurang untuk kebutuhan membeli barang yang direncanakan, maka cukup bijak bagi orangtua untuk mewujudkan keinginannya dengan menambah kekurangan hasil tabungan tersebut. Hal ini sebagai penghargaan pada usaha anak untuk menabung.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *