8 Tips Memotivasi Diri untuk Menabung

Celengan

Semua orang memiliki keinginan untuk memiliki dan mengumpulkan banyak uang. Oleh karena itu setiap orang harus mampu mengelola keuangan secara bijaksana. Salah satu pilar penting dalam pengelolaan keuangan adalah menabung. Meskipun semua orang tahu manfaat menabung uang, akan tetapi pada kenyataannya banyak orang yang kesulitan untuk menabung karena tidak memiliki motivasi yang kuat. Bagaimana cara memotivasi diri untuk menabung? Ikuti beberapa tips berikut.

1. Buat Perencanaan
Perencanaan dapat membantu setiap orang mengelola keuangan dengan lebih mudah. Dengan perencanaan, anda akan mengetahui seberapa jumlah uang yang dapat anda tabung tanpa mengorbankan keperluan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan secara kesuluruhan.

2. Rencanakan Penggunaan Tabungan Anda
Rencanakan untuk menggunakan tabungan anda untuk hal-hal besar yang dapat mempengaruhi hidup anda seperti untuk investasi, membeli rumah, menikah, menyekolahkan anak, dan lain sebagainya.

3. Pikirkan Resiko
Kejadian buruk  seringkali menimpa seseorang  secara tak terduga seperti terkena PHK (pemutusan hubungan kerja), kecelakaan, sakit, dan lain sebagainya. Memiliki dana cadangan dalam bentuk tabungan akan sangat berarti untuk mengatasi hal-hal tak terduga tersebut. Memikirkan resiko keuangan yang tak terduga akan meningkatkan motivasi anda untuk menabung.

4. Berhemat
Banyak orang yang tidak bisa menabung karena tidak bisa berhemat. Berhemat membantu anda mengelola keuangan secara bijak dan mencukupi dengan uang yang dimiliki. Dengan berhemat anda akan terhindar dari membelanjakan uang melebihi kemampuan yang dapat membuat anda tergoda untuk membelanjakan uang tabungan.

5. Pikirkan Kebutuhan Keuangan Jangka Panjang
Anda akan membutuhkan uang sepanjang usia anda. Kebutuhan uang cenderung meningkat seiring berjalannya waktu. Memiliki tabungan akan membantu anda merencanakan kebutuhan keuangan dalam jangka panjang termasuk untuk biaya hidup setelah pensiun dari kerja.

6. Tingkatkan Penghasilan
Banyak orang kesulitan menabung karena penghasilan yang pas-pasan. Semakin banyak uang yang anda hasilkan maka akan semakin banyak pula uang yang dapat anda sisihkan untuk ditabung. Pikirkan cara untuk meningkatkan penghasilan dengan berusaha meningkatkan karir, memperluas usaha, mencari penghasilan tambahan, dan lain sebagainya.

7. Ciptakan Keseimbangan Hidup
Miliki hobby dan kesenangan. Sebagian orang tidak bisa menabung karena senang menghabiskan uangnya. Hal ini disebabkan ia merasa kesepian dan tidak memiliki cara yang lebih positif dalam mencari kesenangan. Alokasikan uang anda untuk hobby, kesenangan, berlibur, dan aktivitas lainnya selain dari menyisihkan uang untuk keperluan jangka panjang seperti tabungan, deposito, investasi, dan  asuransi.

8. Tingkatkan Pengetahuan Tentang Pengelolaan Keuangan
Meningkatkan pengetahuan mengenai strategi pengelolaan keuangan akan membantu anda menemukan cara yang mudah dan cocok untuk anda dalam menyimpan uang anda dalam bentuk tabungan.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *