8 Penyebab Kantuk Berlebihan di Siang Hari

Meskipun mengantuk di siang hari merupakan hal yang wajar namun sedapat mungkin rasa kantuk tersebut jangan sampai mengganggu aktivitas anda. Supaya dapat menentukan solusi untuk menghindari kantuk yang berlebihan di siang hari, anda harus mengetahui apa penyebabnya. Apa penyebab kantuk berlebihan di siang hari? Berikut beberapa penyebab umum rasa mengantuk di siang hari.

1. Narkolepsi
Narkolepsi adalah salah satu penyebab umum kantuk di siang hari. Narkolepsi adalah gangguan syaraf yang menyebabkan seseorang mengalami dorongan untuk tidur di siang hari. Narkolepsi juga dapat menyebabkan halusinasi dan kehilangan tonus otot.

2. Penggunaan Obat
Rasa kantuk dapat disebabkan karena mengkonsumsi obat tertentu. Beberapa jenis obat menyebabkan kantuk seperti obat penenang, pengendur otot, pil penghilang nyeri dan obat alergi.  Jika obat ini ditelan siang hari maka dapat menyebabkan kantuk berlebihan di siang hari.

3. Susah Tidur
Orang yang kurang tidur seringkali merasa mengantuk di siang hari. Kesibukan masyarakat modern dapat menyebabkan sulit tidur. Faktor-faktor seperti stress, lingkungan tidur yang tidak nyaman, dan gangguan kesehatan dapat menyebabkan insomnia ringan maupun berat.

4. Pola Hidup
Rasa mengantuk di siang hari  dapat disebabkan penerapan pola hidup yang kurang sehat. Kebiasaan  tidur terlalu larut dapat menyebabkan kantuk di siang hari. Makan makanan yang tidak sehat dan terlalu banyak mengkonsumsi gula juga dapat menyebabkan kantuk saat gula dicerna.

5. Depresi
Hasil studi menunjukkan bahwa depresi berkaitan dengan rasa kantuk di siang hari. Rasa mengantuk di siang hari bisa jadi merupakan salah satu gejala depresi.

6. Hipersomnia
Hipersomnia  adalah gangguan atau kelainan yang mempengaruhi sistem syaraf pusat dapat menyebabkan kantuk di siang hari. Hipersomnia adalah penyakit yang jarang terjadi, dialami sekitar 5% dari penderita kantuk berlebihan di siang hari. Penderita hipersomnia mendapatkan cukup tidur di malam hari tetapi susah bangun dan terus merasa mengantuk di siang hari.

7. Over-Stimulasi
Stimulasi berlebihan (over-stimulasi) dari minuman yang mengandung kafein (misalnya kopi atau minuman energi) dapat menyebabkan susah tidur. Hal ini akan menyebabkan kantuk di siang hari.

8. Gangguan Ritme Sirkadian (Circadian Rhythm Disturbance)
Ritme sirkadian adalah siklus proses fisiologis makhluk hidup selama 24 jam yang mengatur perubahan fisik, mental, dan perilaku. Sel-sel syaraf dalam otak yang dikenal sebagai “suprachiasmatic nucleus” mengendalikan ritme sirkadian. Faktor alami seperti pelepasan hormon dan sinyal lingkungan (misalnya gelap atau terang) membantu mengendalikan ritme sirkadian. Jika ritme sirkadian terganggu misalnya pada orang yang mengalami perubahan waktu secara signifikan karena perjalanan atau bekerja shift malam, maka ia mungkin akan mengantuk di siang hari.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *