8 Penyebab Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah biasanya disebabkan karena bibir kehilangan kelembaban. Bibir pecah-pecah membuat rasa tidak nyaman di mulut baik saat berbicara atau makan. Kondisi bibir pecah-pecah parah dapat menyebabkan rasa nyeri. Apa penyebab bibir pecah-pecah? Berikut beberapa penyebabnya.

1. Dehidrasi
Kurang minum dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

2. Cuaca dan Lingkungan
Lingkungan kering dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah. Di daerah mengalami musim dingin udara sangat kering sehingga mudah menyebabkan bibir kering. Lingkungan  dengan kelembaban sangat rendah juga dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

3. Alergi
Beberapa orang sangat sensitif terhadap alergi bahan tertentu. Beberapa jenis makanan, kosmetik, atau bahan perawatan tubuh dapat mengandung bahan yang dapat menyebabkan alergi. Contoh bahan yang dapat menyebabkan alergi seperti cobalt dalam suplemen vitamin B12, guaiazulene yang terdapat dalam pasta gigi,  propyl gallate atau phenyl salicylate (salol) yang terdapat dalam lipstick.

4. Bernapas Melalui Mulut
Bernapas dengan mulut mengalirkan udara melewati permukaan bibir sehingga dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Orang yang tidur mendengkur atau orang yang mengalami penyakit sleep apnea seringkali mengalami hal ini.

5. Membasahi Bibir dengan Lidah
Bibir yang kering membuat orang cenderung membasahi bibirnya dengan lidah. Saliva (air liur) sangat mudah menguap. Membasahi bibir dengan air liur membuat bibir menjadi lebih kering dan pecah-pecah.

6. Buah-Buahan Citrus
Beberapa jenis asam dalam buah citrus dapat menyebabkan iritasi pada bibir yang membuat bibir sensitif terhadap sinar matahari, sehingga dapat mengakibatkan bibir pecah-pecah.

7. Penyakit
Beberapa penyakit tertentu dapat memiliki gejala bibir pecah-pecah. Penyakit autoimun dapat menyebabkan bibir sensitif terhadap sinar matahari sehingga mengakibatkan bibir pecah-pecah. Penyakit tiroid atau psoriasis juga dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

8. Obat
Pemakaian obat resep tertentu seperti Accutane, propranolol, atau prochlorperazine dapat menyebabkan bibir pecah-pecah.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *