8 Manfaat Makan Labu untuk Kesehatan

Buah labu

Tanaman labu adalah salah tanaman dari famili Cucurbitaceae. Labu biasa digunakan sebagai bahan makanan untuk jenis kuliner tertentu seperti kolak, kue, dan berbagai makanan tradisional lainnya. Dengan semakin banyak orang mengenal masakan asing, labu mulai digemari oleh masyarakat sebagai bahan makanan kuliner kontemporer seperti cake, soup, kari, pie, pancake, dsb. Buah labu diketahui mengandung banyak nutrisi yang berkhasiat bagi kesehatan. Apa manfaat makan buah labu? Berikut beberapa manfaat makan buah labu bagi kebaikan tubuh kita.

1. Menjaga Kesehatan Mata
Salah satu penyebab gangguan kesehatan mata adalah defisiensi vitamin A. Buah labu adalah sumber vitamin A yang istimewa. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi resiko gangguan pengelihatan.

2. Memperkuat Imunitas Tubuh
Pada dasarnya tubuh kita memiliki kemampuan untuk melawan penyakit yang disebut imunitas (kekebalan tubuh). Buah labu banyak mengandung vitamin C yang merupakan salah satu nutrisi penting yang memperkuat imunitas tubuh.

3. Membantu Fungsi Kelenjar Tiroid
Buah labu menyediakan banyak kandungan mineral tembaga. Salah satu manfaat penting mineral ini adalah membantu fungsi kelenjar tiroid (kelenjar gondok). Kelenjar tiroid adalah organ penting yang menghasilkan hormon tiroksin.

4. Mengurangi Resiko Anemia
Anemia atau kurang darah dapat dikarenakan tubuh mengalami defisiensi zat besi. Labu merupakan salah satu bahan makanan yang banyak mengandung zat besi yang diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel darah dan mengurangi resiko anemia.

5. Membantu Metabolisma
Buah labu mengandung beberapa jenis vitamin B yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6. Kelomnpok vitamin B berperan penting dalam membantu metabolisma tubuh untuk menghasilkan energi dengan mengubah nutrisi dari makanan yang dicerna tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Kulit
Vitamin E adalah nutrisi penting yang membantu menjaga kesehatan dan kehalusan kulit. Anda dapat menambah asupan vitamin E dengan makan labu karena buah labu merupakan sumber vitamin E yang memadai.

7. Mengurangi Resiko Hipertensi
Buah labu adalah salah satu bahan makanan yang banyak mengandung mineral potassium. Mineral potassium berperan penting dalam mengendalikan tekanan darah sehingga dapat mengurangi resiko darah tinggi (hipertensi).

8. Memperkuat Tulang
Buah labu mengandung beberapa mineral penting yang diperlukan dalam pembentukan struktur tulang yang padat dan kuat yaitu kalsium, magnesium dan fosfor.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *