8 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan

Berenang

Renang adalah salah satu jenis olahraga yang paling umum. Renang juga merupakan salah satu jenis olahraga yang murah karena tidak memerlukan alat olahraga khusus, karena hanya memerlukan pakaian renang yang harganya relatif tidak mahal. Renang bisa merupakan bentuk aktivitas fisik sederhana karena tidak mengharuskan penggunaan tenaga maksimal. Meskipun renang merupakan aktivitas fisik sederhana tetapi dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Apa manfaat renang bagi kesehatan tubuh? Berikut beberapa manfaat renang untuk kesehatan.

1. Membakar Kalori
Kelebihan kalori dalam tubuh cenderung disimpan sebagai lemak tubuh yang dapat meningkatkan resiko kelebihan berat badan. Renang adalah salah satu bentuk aktivitas fisik yang menyenangkan dan efektif untuk membakar kalori khususnya bagi orang yang ingin mengendalikan atau mengurangi berat badan.

2. Memperkuat Otot
Renang bermanfaat memperkuat otot terutama otot lengan, kaki, dan perut. Olahraga renang dapat memberikan efek yang sama dengan latihan beban ringan. Renang juga memiliki pengaruh terhadap otot kaki yang mirip dengan jogging.

3. Melatih Jantung dan Paru-Paru
Renang sangat baik untuk melatih otot jantung dan paru-paru. Jantung adalah organ vital bagi sistem sirkulasi darah sedangkan paru-paru adalah organ vital bagi sistem pernapasan.

4. Meningkatkan Kelenturan Tubuh
Gerakan renang efektif untuk meningkatkan kelenturan (fleksibilitas) tubuh. Tubuh yang lentur bermanfaat meningkatkan keseimbangan, kewaspadaan, dan kelincahan gerakan. Tubuh yang lentur juga mengurangi resiko cedera karena melakukan gerakan yang membutuhkan jangkauan maksimal seperti melompat, mengayunkan tangan, menarik, memanjat, menendang, dan lain sebagainya.

5. Memperbaiki Mood
Melakukan olahraga termasuk berenang dapat meningkatkan mood. Olahraga dapat menstimulasi aktivitas hormon serotonin. Mood yang baik bermanfaat meningkatkan semangat berkativitas dan mengurangi resiko stress.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur
Renang adalah salah satu bentuk olahraga yang bermanfaat membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini disebabkan karena renang dapat meningkatkan aktivitas hormon endorphine dan serotonin.

7. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Berenang selain membuat tubuh lebih bugar, juga dapat memperbaiki postur dan mengurangi stress. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam penampilan dan pergaulan.

8. Meningkatkan Ketahanan Fisik untuk Melakukan Aktivitas
Berenang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik. Hal ini dikarenakan berenang meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru yang mempengaruhi daya tahan (endurance) tubuh dalam beraktivitas.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *