7 Tips Sukses Bangun Lebih Pagi

Banyak manfaat bangun pagi bagi kesehatan dan kepribadian. Namun tidak semua orang bisa bangun pagi karena berbagai penyebab. Bagaimana cara agar bisa bangun lebih pagi? Jika anda termasuk orang yang susah bangun pagi, berikut beberapa tips agar bangun pagi yang dapat anda coba.

1. Rencanakan Aktivitas di Pagi Hari
Untuk dapat bangun pagi setiap hari, anda membutuhkan alasan yang kuat seperti: berolahraga, menulis, ibadah, memberi makan peliharaan, dan lain sebagainya. Jika anda tidak memiliki alasan kuat, anda akan cenderung menuruti rasa kantuk dan malas bangun.

2. Rencanakan Waktu Tidur
Buatlah jadwal tidur yang teratur. Rencanakan waktu tidur agar anda memiliki waktu tidur yang cukup. Kebiasaan beraktivitas malam hari sampai lupa waktu dapat menyebabkan anda susah tidur dan kurang tidur yang keduanya sangat memberatkan anda untuk bangun pagi.

3. Gunakan Jam Weker
Jam weker membantu membangunkan anda di pagi hari. Set waktu dering jam weker pada jam yang anda Inginkan, lalu letakkan jam weker agak jauh dari tempat tidur. Dengan cara ini, jika anda ingin mematikan dering jam weker anda harus bangun dan berjalan. Jika jam weker bordering di samping bantal, anda akan dengan mudah mematikan deringnya dalam keadaan setengah tidur.

4. Bangun Pagi dan Langsung Ke Kamar Mandi
Sebagian orang tidak benar-benar susah bangun melainkan malas untuk segera bangun saat terjaga di pagi hari. Segera bangun saat terjaga di pagi hari dan pergi ke kamar mandi untuk cuci muka dan cuci kaki.

5. Ciptakan Suasana Kamar Tidur yang Nyaman
Suasana kamar tidur yang nyaman membantu tidur lebih nyenyak. Tidur yang sehat tidak hanya cukup secara kuantitas (cukup waktu) tetapi juga cukup secara kualitas (cukup nyenyak). Jika anda sudah mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak anda tidak ingin memperpanjang waktu tidur di pagi hari.

6. Hentikan Minum Minuman Berkafein
Kopi dan minuman energi banyak mengandung kafein. Mengkonsumsi kafein dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan dan kebugaran. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan susah tidur. Hal inilah yang membuat orang terlambat tidur atau sering terjaga sehingga kurang tidur dan susah bangun di pagi hari.

7. Hilangkan Kebiasaan-Kebiasaan yang Dapat Mengganggu Tidur
Kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat menyebabkan orang susah tidur seperti bekerja sebelum tidur, makan sebelum tidur, banyak pikiran (stress), dan lain sebagainya. Jika tubuh anda telah mendapatkan istirahat yang memadai, mata anda akan terbangun dengan sendirinya.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *