7 Tips Memilih Tas Sekolah untuk Anak

Tas sekolah anak

Salah satu kebutuhan sekolah anak adalah tas sekolah. Tas membantu anak membawa perlengkapan sekolah berupa buku-buku, pena, pensil, mistar, dan alat tulis lainnya. Pada dasarnya anak menyukai tas dengan bentuk dan karakter tertentu, namun anda sebagai orangtua harus bijak dalam memilih tas sekolah yang sesuai untuk anak. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tas sekolah yang baik untuk anak.

1. Perhitungkan Ukuran Tas
Sesuaikan ukuran tas dengan kebutuhan anak. Pada dasarnya ukuran tas tidak perlu terlalu besar namun harus cukup untuk membawa alat tulis yang diperlukan anak. Tas yang terlalu besar mungkin akan merepotkan anak saat membawanya. Tas sekolah yang terlalu kecil mungkin tidak cukup untuk menampung buku-buku yang dibawa anak setiap hari. Sebagai pedoman umum, ketahui ukuran panjang dan lebar buku pelajaran paling besar yang dimiliki anak.

2. Pilih Tas dengan Tali (Strap) yang Nyaman
Tas umumnya dibawa dengan disandang atau digendong di punggung. Pilihlah tas yang nyaman di bahu yaitu yang memiliki tali strap yang lebar dan empuk. Beberapa jenis tas memiliki bantalan strap yang dapat digeser untuk menyesuaikan panjang tali strap.

3. Pilih Tas yang Ringan
Sedapat mungkin tas sekolah tidak memberikan beban berlebihan pada anak. Tanpa mengesampingkan kualitas dan ukuran yang diperlukan, pilihlah tas yang ringan agar lebih mudah dibawa.

4. Pilih Tas dengan Bahan yang Baik
Idealnya tas sekolah dapat dipakai selama satu tahun atau lebih. Oleh karena itu tas sekolah sebaiknya terbuat dari bahan yang kuat dan kualitas yang baik agar dapat dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Beberapa bagian tas yang rentan terhadap kerusakan adalah sleting, jahitan tali strap, jahitan pengangan tangan, dan sekat pemisah ruang dalam tas.

5. Pertimbangkan Kebutuhan Kantong
Tas umumnya terdiri dari ruang utama dengan satu atau lebih sekat dan beberapa kantong di bagian luar. Kantong-kantong ini berguna untuk memisahkan buku-buka dari perlengkapan sekolah lainnya. Pilih tas yang setidaknya memiliki satu kantong yang cukup besar. Kantong-kantong yang terlalu kecil kurang fungsional meskipun banyak. Pertimbangkan juga memilih tas yang memiliki kantong di sisi tas untuk membawa botol minuman.

6. Perhatikan Faktor Ergonomi
Tas sekolah akan digunakan setiap hari anak saat berangkat ke sekolah. Pertimbangkan kenyamanan anak dalam membawa tas tersebut. Tas yang nyaman terbuat dari bahan yang lembut di kulit dan memiliki tali strap yang dapat disesuaikan panjangnya. Beberapa tas jenis ransel memiliki dudukan plastik kaku di dasarnya yang mungkin membuat punggung anak tidak nyaman. Tas ransel yang memiliki roda, selain memiliki dudukan plastik tempat roda, biasanya juga mempunyai pegangan berupa batangan yang disisipkan di belakang tas yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di punggung.

7. Perhatikan Kesukaan Anak
Tas adalah properti kebanggaan anak yang akan digunakan setiap kali ke sekolah. Pilihlah model dan karakter tas yang disukai anak. Hal ini selain menyenangkan anak juga dapat menambah semangat anak untuk pergi ke sekolah. Ajaklah anak memilih model dan karakter yang disukainya.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *