7 Penyebab Badan Lesu

Siapapun pasti pernah merasakan lesu badan. Badan terasa capek dan tidak bergairah. Badan lesu dapat disebabkan oleh banyak hal. Badan lesu dapat disebabkan hal sepele seperti kurang tidur atau terlalu banyak olahraga. Namun perlu diwaspadai pula bahwa lesu juga merupakan gejala penyakit-penyakit tertentu seperti anemia, darah rendah (hipotensi), penyakit jantung dan lain sebagainya. Jika anda mengalami badan lesu lebih dari 3 hari sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa medis. Berikut beberapa penyebab badan lesu.

1. Kurang Tidur
Kurang tidur dapat menyebabkan badan terasa capek, karena tubuh kurang istirahat. Kurang tidur tidak hanya dapat menyebabkan kelelahan fisik tetapi juga kelelahan mental.

2. Olahraga dalam Porsi Berat yang Dilakukan Sesekali
Melakukan olahraga sesekali dalam porsi yang berat atau terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan berlebihan. Sebaiknya lakukan olahraga secara moderat sesuai kemampuan secara teratur.

3. Terlalu Banyak Minum Kafein
Mengkonsumsi kafein dalam jumlah moderat bermanfaat meningkatkan konsentrasi dan mencegah kantuk. Terlalu banyak minum minuman berkafein dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Sebagian orang bahkan merasakan gugup jika terlalu banyak minum minuman berkafein.

4. Depresi
Depresi dapat menyebabkan badan terasa lesu, perasaan sedih dan kehilangan selera makan.

5. Kurang Energi
Jika anda tidak makan atau makan terlalu sedikit, maka tubuh tidak memiliki cukup energi untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

6. Kurang Minum
Kurang minum dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan (dehidrasi) sehingga mengurangi fungsi organ. Hal ini menyebabkan tubuh terasa lemah dan lesu.

7. Gangguan Kesehatan
Lesu adalah gejala umum dari berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan. Jika lesu terasa lebih dari tiga hari, biasanya menandakan kondisi kesehatan terganggu. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan medis.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *