7 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan

Sinar matahari

Vitamin D atau calciferol adalah salah satu vitamin penting bagi kesehatan tubuh kita. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan resiko osteoporosis, diabetes, nyeri otot, nyeri tulang, dan beberapa jenis kanker. Salah satu sumber vitamin D yang baik adalah cahaya matahari, yang membentuk vitamin D dalam kulit. Berjalan selama 15 menit di bawah terpaan sinar matahari pagi dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin D. Vitamin D terdapat dalam banyak sumber makanan hewani. Contoh makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, udang, kuning telur, susu diperkaya, minyak hati cod, hati sapi, dan keju. Apa manfaat vitamin D bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh kita.

1. Membantu Penyerapan Mineral Kalsium
Vitamin D dikenal sebagai nutrien yang membantu tubuh menyerap mineral kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk tulang.

2. Membentu Penyerapan Mineral Fosfor
Vitamin D juga diketahui membantu tubuh menyerap mineral fosfor yang sangat bermanfaat bagi jaringan dan organ tubuh kita.

3. Menjaga Kesehatan Tulang
Selain membantu tubuh menyerap kalsium, vitamin D juga membantu penggunaan kalsium dalam struktur tulang. Sel-sel yang membentuk dan mengendalikan tulang, osteoblast dan osteoclast diatur oleh kelenjar paratiroid yang yang aktivitasnya dipengaruhi kecukupan vitamin D. Mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D akan mengurangi resiko penyakit tulang seperti osteoporosis dan rakhitis (penyakit Inggris).

4. Membantu Fungsi Kelenjar Paratiroid
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan hiperparatiroidisme sekunder (overactive parathyroid). Pengobatan awal terhadap hiperparatiroidisme jenis ini adalah dengan pemberian vitamin D.

5. Menjaga Fungsi Otot
Mencukupi kebutuhan vitamin D dapat membantu memaksimalkan fungsi otot. Salah satu gejala kekurangan vitamin D adalah lemah otot dan nyeri otot. Hasil studi menunjukkan bahwa pemberian suplemen vitamin D dapat meredakan rasa nyeri pada sebagian pasien nyeri otot yang mengalami defisiensi vitamin D.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Vitamin D penting bagi sistem imunitas tubuh. Banyak dari sel-sel yang penting dalam melawan penyakit termasuk yang melawan kanker, memiliki reseptor vitamin D. Kekurangan vitamin D diketahui meningkatkan resiko kanker.

7. Mencegah Hipertensi
Vitamin D membatasi aktivitas enzim-enzim tertentu yang dapat menaikkan tekanan darah dengan meningkatkan retensi sodium dan air dalam darah.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *