7 Manfaat Latihan Berjalan Tanpa Alas Kaki

Latihan berjalan tanpa alas kaki alias nyeker ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan sentuhan langsung telapak kaki pada permukaan tanah/lantai dapat memberikan efek pijatan pada telapak kaki. Berikut beberapa manfaat latihan jalan tanpa alas kaki.

1. Mengurangi Resiko Kaki Bau
Salah satu penyebab kaki bau adalah permukaan kaki jarang terbuka. Permukaan yang terbuka membantu mengurangi kelembaban kaki yang berlebihan karena berkeringat. Jika kaki lembab karena keringat sering terbungkus sepatu, maka dapat menyebabkan kaki bau.

2. Membantu Menjaga Kaki Lebih Sehat
Permukaan kaki yang jarang terbuka dapat menyebabkan kelembaban kaki berlebihan. Jika kelebihan kelembaban ini bergabung dengan sel-sel kulit mati akan menjadi media yang sesuai bagi berkembangnya bakteri dan jamur.

3. Melatih Keluwesan Ruang Gerak Otot dan Sendi Kaki
Saat berjalan tanpa alas kaki, engkel dan jari kaki akan memiliki jangkauan ruang gerak maksimal. Salah satu fungsi sepatu adalah membatasi jangkauan ruang gerak otot kaki agar nyaman.

4. Merangsang Fungsi Syaraf Keseimbangan
Berjalan tanpa alas kakiĀ  membantu merangsang syaraf keseimbangan pada telapak kaki yang dapat meningkatkan kewaspadaan, keseimbangan dan ketangkasan gerak.

5. Melancarkan Aliran Darah
Sekitar telapak kaki merupakan tempat berbaliknya aliran darah melalui banyak pembuluh darah. Saat berjalan tanpa alas kaki, efek pijatan ringan pada telapak kaki dapat membantu melancarkan aliran darah di sekitar kaki.

6.MembantuĀ  Relaksasi
Berdasarkan studi, berjalan kaki di atas rumput tanpa alas kaki dapat mengurangi stress dan kelelahan mental. Efek pijatan ringan pada telapak kaki dan rangsangan sentuhan rumput pada telapak kaki dapat membantu relaksasi otot dan syaraf.

7. Membantu Tidur Nyenyak
Jalan kaki di rumput tanpa alas kaki telah diterapkan orang-orang dahulu untuk mengatasi insomnia (susah tidur) dan sampai sekarang masih dilakukan orang. Hal ini mungkin disebabkan karena efek pijatan pada telapak kaki dan rangsangan sentuhan rumput pada telapak kaki dapat membantu relaksasi .

Perhatian:

  • Lakukan latihan berjalan tanpa alas kaki hanya pada tempat yang aman misalnya lantai, bare-foot track, treadmill, rumput yang terawat, dan tempat-tempat lain yang aman bagi kaki anda.
  • Tidak direkomendasikan berjalan kaki tanpa alas kaki terlalu lama. Jalan kaki tanpa alas kaki dalam durasi yang lama dapat memberikan beban berlebihan pada telapak kaki dan rasa tidak nyaman pada tumit dan betis, usahakan sekali sesi jalan tanpa alas kaki tidak lebih dari 30 menit.).

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *