5 Manfaat Belajar Menabung Bagi Anak

Menabung memiliki banyak manfaat. Banyak orang yang tidak bisa menabung karena tidak pernah mulai belajar menabung. Oleh karena itu orangtua sebaiknya tidak hanya mendorong anak untuk menabung, tetapi juga mengajari anak untuk menabung sejak dini. Apa manfaat belajar menabung bagi anak? Berikut beberapa manfaat belajar menabung bagi anak.

1. Belajar Mengelola Uang Pribadi

Dengan belajar menabung, anak akan belajar mengelola keuangan secara pribadi. Ia bisa menentukan sendiri seberapa besardari  uang yang diterima akan disisihkan untuk ditabung dan seberapa besar yang akan dibelanjakan.

2. Memiliki Perencanaan Keuangan

Menabung membuat anak memiliki perencanaan, akan digunakan untuk apa hasil tabungannya setelah terkumpul banyak.

3. Menghargai Uang
Setelah beberapa saat menabung, anak akan menyadari bahwa uang yang dikumpulkan semakin banyak. Hal ini akan memberikan kesadaran bahwa uang yang sedikit bisa dikumpulkan menjadi banyak. Anak juga segera menyadari bahwa untuk mengumpulkan uang diperlukan pengorbanan dan waktu yang lama.

4. Belajar Disiplin
Belajar menabung juga membantu anak belajar disiplin. Untuk dapat menabung dengan konsisten diperlukan kedisiplinan menyisihkan uang secara teratur.

5. Membuat Kebanggaan
Anak akan memiliki kebanggaan jika ia bisa mengumpulkan uang yang cukup banyak dalam waktu yang lama. Anak juga akan bangga jika ia bisa membeli sesuatu menggunakan uang hasil tabungan sendiri.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *