5 Macam Pengembangan Keterampilan Anak

Seiring perkembangan usia anak mulai dari lahir menuju dewasa, anak mengalami perkembangan fisik dan mental. Seiring berkembangnya fisik dan mental, anak akan mengembangkan keterampilannya. Proses perkembangan fisik, mental dan keterampilan tersebut berlangsung secara alamiah, namun peran orang tua sangat membantu perkembangan anak supaya maksimal.

Anak-anak mengembangkan keterampilan pada 5 bidang:

1. Keterampilan Kognitif (Cognitive Skill)
Keterampilan kognitif berkaitan dengan kemampuan untuk belajar dan memecahkan masalah. Contohnya, bayi usia 2 bulan belajar mengenal lingkungan dengan tangan dan mata atau anak usia 5 tahun belajar hitungan matematika sederhana.

2. Keterampilan Sosial dan Emosional (Social and Emotional Skill)
Keterampilan sosial dan emosional adalah kemampuan berinteraksi dengan orang lain, membantu orang lain dan pengendalian diri. Contohnya anak usia 1 tahun melambaikan tangan kepada orang tuanya, anak usia 5 tahun bermain bersama dalamĀ  kelompok.

3. Keterampilan Berbicara dan Bahasa (Speech and Language Skill)
Keterampilan ini berkaitan dengan kemampuan memahami dan menggunakan bahasa. Anak usia 1 tahun mengerti nama panggilannya, anak usia dua tahun mengerti nama-nama anggota tubuhnya.

4. Keterampilan Motorik Halus (Fine Motor Skill)
Keterampilan ini berkaitan dengan kemampuan anak menggunakan otot-otot kecilnya khususnya tangan dan jari-jari tangan misalnya memegang sendok untuk makan atau menggunakan krayon untuk menggambar.

5. Keterampilan Motorik Kasar (Gross Motor Skill)
Keterampilan ini berkaitan dengan kemampuan menggunakan otot-otot besar. Misalnya anak usia 1 tahun belajar berjalan, atau anak usia 3 tahun menendang bola.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *