15 Tips Memilih Mobil Idaman Keluarga

Mobil keluarga

Memiliki sebuah mobil keluarga adalah dambaan semua keluarga. Mobil keluarga dapat digunakan mengangkut semua anggota keluarga saat bepergian. Pasar mobil keluarga sangat terbuka di Indonesia sehingga banyak produsen yang menawarkan berbagai varian mobil untuk kendaraan keluarga. Banyaknya merk, jenis, ukuran, dan model mobil keluarga yang ada di pasaran membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan. Bagaimana cara memilih mobil keluarga yang sesuai untuk kebutuhan keluarga anda? Jika anda ingin membeli mobil keluarga dan masih ragu atau belum memutuskan mobil mana yang anda pilih, cobalah pertimbangkan beberapa saran berikut ini.

1. Perhitungkan Jumlah Seat
Jumlah tempat duduk (seat) dalam sebuah mobil adalah pertimbangan utama dalam memilih sebuah mobil keluarga. Mobil keluarga harus mampu menampung semua anggota keluarga. Pertimbangkan juga tempat duduk tambahan misalnya untuk pengasuh dan pembantu jika anda harus mengajak mereka serta saat bepergian dengan keluarga. Sebagai pedoman dasar, mobil dengan 4 tempat duduk cocok untuk keluarga dengan maksimal dua anak. Mobil dengan 7 tempat duduk cocok untuk keluarga dengan 2 atau lebih anak.

2. Tentukan Kapasitas Mesin
Kapasitas mesin dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin misalnya 1000 cc, 1100 cc, 1300 cc, dsb. Semakin besar kapasitas mesin (semakin besar angka cc) maka akan semakin besar tenaga yang dihasilkan mobil tersebut.

3. Pertimbangkan Sistem Transmisi
Ada dua jenis sistem transmisi pada mobil yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Anda dapat memilih mobil matik yang sedikit lebih mahal tetapi lebih mudah dioperasikan atau memilih mobil dengan transmisi manual yang lebih murah dan mudah perawatannya.

4. Ketahui Komsumsi Bahan Bakar
Biaya bahan bakar merupakan salah satu pos pengeluaran utama dalam anggaran biaya operasional sebuah mobil. Ketahui berapa kilometer jarak tempuh optimal sebuah mobil untuk setiap liter konsumsi bahan bakar. Semakin jauh jarak tempuh mobil per liter bahan bakar yang dikonsumsi maka semakin irit mobil tersebut.

5. Perhatikan Fitur Keselamatan
Mobil keluarga sebaiknya memiliki fitur-fitur keselamatan yang memadai. Seat belt (sabuk pengaman) sebaiknya terdapat pada semua tempat duduk penumpang. Pintu dan kaca jendela sebaiknya memiliki sistem penguncian sehingga lebih aman bagi anak kecil. Beberapa mobil memiliki fitur keamanan yang lebih canggih berupa airbag dan sistem rem ABS (anti-lock breaking system).

6. Perhatikan Kenyamanan
Kenyamanan sebuah mobil sangat penting bagi seluruh anggota keluarga. Anak-anak dan orang lanjut usia cenderung lebih cepat lelah terutama jika menempuh perjalanan jauh dengan mobil. Mobil yang nyaman memiliki tempat duduk yang empuk, AC yang sejuk, ruang yang lega, suara yang senyap, dan suspensi yang empuk.

7. Pertimbangkan Ketersediaan Layanan Purna Jual
Ketersediaan tempat layanan purna jual sangat membantu memudahkan anda dalam mendapatkan service resmi, sukucadang asli, dan klaim garansi. Mobil dengan merk yang sudah lama dikenal umumnya memiliki lebih banyak tempat layanan purna jual di berbagai kota.

8. Perhitungkan Biaya Perawatan
Anda sebaiknya mengetahui perbandingan biaya perawatan mobil yang anda minati dengan mobil lain yang sejenis. Pada umumnya, semakin kompleks teknologi yang digunakan pada sebuah mobil maka semakin besar biaya perawatan dan harga sukucadangnya.

9. Pertimbangkan Nilai Jual Mobil Kembali
Mobil-mobil dengan harga yang hampir sama bisa memiliki harga jual kembali (harga jual seken) yang berbeda. Hal ini dikarenakan karena perbedaan tingkat permintaan pasar untuk mobil seken. Berdasarkan “hukum penawaran dan permintaan” maka mobil seken yang banyak peminatnya memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi.

10. Sesuaikan Keinginan dengan Kemampuan Finansial
Pada dasarnya setiap orang mendambakan sebuah mobil keluarga yang ideal. Namun sebaiknya anda memilih mobil dengan harga yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda. Sebuah mobil mungkin sebanding dengan nilai nominal sebuah rumah, padahal mobil pasti akan berkurang nilainya dengan berjalannya waktu. Jangan membeli mobil karena emosi atau gengsi, belilah mobil yang anda butuhkan sesuai dengan kemampuan anda.

11. Lakukan Tes Drive
Anda tidak bisa membayangkan semua fitur yang ada pada sebuah mobil hanya dari cerita orang atau dari keterangan di brosur. Untuk memastikan sebuah mobil memenuhi kriteria yang anda inginkan, anda harus mencoba sendiri mengendarai mobil tersebut. Ajaklah anggota keluarga anda untuk mencoba mobil yang anda minati untuk memastikan mereka juga suka.

12. Perhitungkan Kebutuhan Bagasi
Pertimbangkan kebutuhan bagasi untuk membawa barang di mobil anda. Umumnya bagasi untuk membawa barang tersedia di bagian belakang mobil. Untuk mobil dengan 7 tempat duduk biasanya kursi belakang dapat dilipat sedemikian rupa supaya tersedia ruang bagasi yang lebih luas.

13. Perhitungkan Biaya-Biaya Lain
Perhitungkan biaya-biaya lain yang perlu anda keluarkan untuk sebuah mobil selain bahan bakar dan biaya perawatan. Anda harus membayar pajak dan asuransi kendaraan yang nilainya sangat bergantung pada jenis, kapasitas mesin, dan harga mobil. Jika anda membeli mobil dari uang pinjaman kredit, anda juga harus membayar bunga kredit dan asuransi kredit.

14. Pertimbangkan Ground Clearance
Pertimbangkan “ground clearance” yaitu ketinggian body mobil dari tanah. Pada dasarnya mobil yang lebih rendah lebih stabil sehingga lebih nyaman bagi penumpang khususnya saat mobil bermanuver. Jika anda sering melewati jalan yang tidak rata atau rusak, anda mungkin lebih aman untuk memilih mobil yang agak tinggi.

15. Jadilah Diri Sendiri
Setiap orang memiliki preferensi tersendiri terhadap merk, jenis, dan model mobil. Pada dasarnya anda bisa menilai sendiri sebuah mobil berdasarkan spesifikasi teknis yang ada. Anda bisa meminta masukan dari teman-teman yang memiliki mobil dengan jenis dan merek yang berbeda tetapi jangan bingung saat mereka menilai miring terhadap mobil yang tidak mereka sukai. Pada kenyataannya semua jenis mobil ada peminatnya. Pilihlah mobil yang paling anda sukai lalu berilah penilaian apakah mobil tersebut sudah memenuhi kriteria yang anda butuhkan. Jika belum memuaskan, baru alihkan perhatian anda pada alternatif berikutnya dari daftar prioritas anda.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *