15 Khasiat Madu bagi Kesehatan

Madu adalah manisan alami. Madu banyak digunakan sebagai pemanis, penambah citarasa, dan sebagai obat. Karena citarasanya yang lezat, madu merupakan bahan obat yang nikmat. Banyak penelitian membuktikan bahwa madu mengandung nutrisi yang sangat berkhasiat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat madu untuk kesehatan.

1. Sumber Energi

Satu sendok makan madu mengandung sekitar 64 kalori. Bandingkan dengan satu sendok gula pasir yang mengandung hanya 15 kalori. Oleh karena itu madu bisa menjadi salah satu sumber energi dalam bentuk olahan makanan atau minuman. Karbohidrat dalam madu lebih mudah dicerna menjadi glukosa, sehingga membantu orang yang memiliki perut sensitif.

2. Suplemen Vitamin dan Mineral
Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Kadar vitamin dan mineral umumnya tergantung pada jenis lebah penghasil madu dan jenis-jenis bunga yang dikonsumsi lebah madu tersebut. Umumnya madu mengandung vitamin B1, B2, B5, vitamin C, kalsium dan zat besi.

3. Antioksidan
Madu mengandung nutrisi yang berkhasiat (nutraceutical), yang efektif menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Sifat antioksidan ini meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Anti-Bakteri dan Anti-Jamur
Madu memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur sehingga bisa digunakan sebagai anti-septik. Madu asli tidak akan basi atau berjamur.

5. Membantu Mengurangi Berat Badan
Meskipun madu mengandung kalori lebih banyak dari gula, jika madu diminum dengan air hangat akan membantu mencerna lemak yang tersimpan dalam tubuh.

6. Meningkatkan Kemampuan Olahragawan
Madu merupakan bahan makanan ergogenik yang meningkatkan kemampuan para olahragawan. Madu membantu mempertahankan kadar glukosa darah, memulihkan kekuatan otot, dan memulihkan glikogen setelah berolahraga.

7.  Membantu Menyembuhkan Luka
Madu dapat membantu menyembuhkan luka. Hal ini dikarenakan madu memiliki sifat anti miklrobial ( anti-bakteri dan anti-jamur) dan meningkatkan respon kekebalan tubuh dengan menyediakan glukosa bagi sel darah putih.

8. Membantu Menyembuhkan Jerawat
Jerawat adalah radang pada permukaan kulit yang biasanya berasal dari penyumbatan pori kulit yang terinfeksi. Madu memiliki bahan antimicrobial yang menyembuhkan infeksi akibat bakteri, termasuk bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.

9. Menghaluskan Kulit
Madu dikenal berkhasiat menghaluskan kulit baik dari dalam (dikonsumsi) maupun dari luar (dioleskan langsung di kulit). Madu berkhasiat menghilangkan gangguan kesehatan pada kulit seperti kulit terbakar, luka, bekas jerawat, tergores dsb. Madu mengandung vitamin, mineral, dan asam amino yang memberi nutrisi pada kulit. Madu juga menyediakan antioksidan yang melawan radikal bebas dan penuaan sel. Madu juga membantu menjaga kelembaban kulit bagi kulit yang cenderung kering.

10. Membantu Pencernaan
Beberapa jenis madu mengandung bakteri baik berupa viable lactobacilli (6 species) dan bifidobacteria (4 species), yang membantu pencernaan.Madu juga mengandung karbohidrat kompleks yang merupakan prebiotik yang memacu pertumbuhan bakteri baik pada usus. Madu juga mengandung beberapa jenis enzim yang membantu pencernaan.

11. Mengendalikan Glukosa Darah
Madu mengandung gula sederhana berupa kombiasi glukosa dan fruktosa yang dapat membantu mengendalikan kadar glukosa darah. Beberapa jenis madu mengandung angka indeks glikemik rendah sehingga aman bagi penderita diabetes.

12. Menghilangkan Ketombe

Ketombe seringkali disebabkan gangguan kulit biasa yang kebetulan terjadi pada kulit kepala. Madu dapat menjadi obat penghilang ketombe karena madu memiliki sifat anti-mikrobial dan dapat berlaku sebagai conditioner alami yang membantu merawat kulit kepala dan rambut.

13. Membantu Tidur Nyenyak
Madu telah lama dikenal sebagai obat alami yang membantu tidur nyenyak bagi orang yang susah tidur (insomnia). Madu mengandung vitamin, mineral dan asam amino yang bersifat sedatif (menenangkan sistem syaraf).

14. Mengobati Radang Tenggorokan
Madu membantu penderita radang tenggorokan dengan melapisi permukaan tenggorokan yang terkena radang dan bekerja sebagai antibiotik alami yang melawan infeksi pada tenggorokan.

15. Mengobati Sakit Gigi dan Napas Bau
Madu efektif dalam mengobati sakit gigi dan menghilangkan bau napas tak sedap. Hal ini karena madu memiliki sifat anti microbial yang dapat membunuh bakteri dan jamur penyebab masalah gigi dan napas bau.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *