12 Tips Menghilangkan Rasa Malas

Malas

Setiap orang pasti ingin mendapatkan kesuksesan dalam hidupnya. Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya karena harus diperoleh dengan perjuangan dan kerja keras. Kemalasan adalah salah satu penghambat seseorang untuk maju. Namun pada kenyataanya banyak orang yang susah untuk terlepas dari rasa malas. Jika anda salah satu dari orang yang sering terkena penyakit malas, maka anda harus berusaha untuk menghilangkannya. Bagaimana cara menghilangkan rasa malas? Berikut beberapa tips menghilanglan rasa malas yang dapat membantu anda untuk mulai menjauhi kebiasaan buruk tersebut.

1. Terapkan Pola Hidup Disiplin
Kemalasan seringkali berawal dari tidak adanya disiplin dalam melakukan aktivitas yang seharusnya dilakukan. Disiplin adalah kebiasaan untuk melakukan aktivitas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Cobalah membuat jadwal aktivitas dan upayakan untuk menepati jadwal tersebut.

2. Buat Target
Jika anda tidak memiliki target untuk mencapai atau menyesaikan sesuatu, anda cenderung malas dan menunda untuk melakukannya. Buatlah target untuk melakukan sesuatu dengan menentukan batas waktu pencapaiannya. Membuat target secara harian, mingguan, atau bulanan akan membantu anda melihat bahwa apa yang anda harapkan sangat mungkin tercapai dalam waktu yang tersedia.

3. Jangan Menunda Melakukannya
Menunda pekerjaaan dapat menjadi awal kemalasan. Menunda pekerjaan membuat anda malas untuk meneruskan pekerjaan tersebut. Anda juga seringkali melihat bahwa beberapa pekerjaan yang tertunda semakin menumpuk yang membuat anda semakin malas untuk menyelesaikannya.

4. Motivasi Diri Sendiri
Salah satu penyebab umum dari kemalasan adalah tidak adanya motivasi. Temukan cara untuk memotivasi diri sendiri untuk maju dan melepaskan diri dari rasa malas.

5. Jaga Kebugaran Tubuh
Anda tidak akan berada dalam mood yang baik untuk melakukan sesuatu yang memerlukan tenaga dan pikiran secara maksimal jika kondisi tubuh anda tidak siap. Kurang tidur, lapar, capek, dsb dapat membuat anda malas untuk melakukan kegiatan apapun yang memerlukan eksploitasi tenaga dan pikiran.

6. Lakukan Lebih Awal
Salah satu trik untuk menghindari kemalasan adalah melakukan hal yang sulit atau membosankan lebih dini. Hal ini memastikan anda berusaha melakukannya di saat pikiran dan tenaga masih segar.

7. Temukan Cara dan Suasana yang Menyenangkan
Kemalasan dapat disebabkan kejenuhan. Salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan adalah dengan menciptakan lingkungan beraktivitas yang menyenangkan. Beberapa kondisi beraktivitas yang menyenangkan misalnya dengan mendengarkan musik, bekerjasama, bekerja di luar ruangan, dan lain sebagainya.

8. Berikan Penghargaan pada Diri Sendiri
Penghargaan dapat meningkatkan motivasi seseorang untuk melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya. Rencanakan penghargaan bagi diri anda sendiri setiap kali anda berhasil menyelesaikan target pekerjaan anda. Penghargaan sederhana seperti makan makanan favorit, membeli baju baru, menonton film, dsb dapat membantu anda mendapatkan motivasi untuk meningkatkan produktivitas.

9. Jangan Menunggu Anda Siap
Banyak orang menunda melakukan sesuatu karena merasa belum siap. Hal ini dapat mengurangi produktivitas seseorang. Padahal banyak orang yang mencapai keberhasilan lebih awal karena mereka memulai lebih awal saat mereka belum memiliki banyak pengalaman. Dalam banyak hal, kekurang-sempurnaan dalam melakukan sesuatu akan membuat orang lebih cepat belajar menyempurnakannya.

10. Buat Keseimbangan

Buatlah keseimbangan dalam aktivitas. Ada saatnya anda harus bekerja keras dan berjuang tetapi adakalanya bersenang-senang. Batasi waktu untuk melakukan pekerjaan tetapi konsisten dan fokus saat melakukannya.

11. Hargai Proses
Tidak ada keberhasilan yang mudah dicapai. Setiap kemajuan membutuhkan usaha dan kerja keras. Lihatlah keberhasilan orang lain sebagai hasil dari suatu proses dan bukan sesuatu yang kebetulan atau sesuatu yang datang dengan tiba-tiba.

12. Bergaul dengan Orang-Orang yang Sukses
Banyak bergaul dapat memberikan banyak manfaat bagi pengembangan diri anda. Sering bergaul dengan orang yang berhasil dalam suatu bidang yang juga anda tekuni akan memberikan banyak pelajaran berharga bagi anda. Mempelajari kesuksesan orang lain dapat meningkatkan motivasi anda untuk lebih giat.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *