12 Tips Lancar Berbicara Bahasa Inggris

Menguasai bahasa Inggris sangat menunjang kemampuan berkomunikasi dan kemampuan mengembangkan wawasan seseorang. Oleh karena itu bahasa Inggris merupakan mata ajaran wajib di sekolah. Namun banyak orang yang sudah menguasai teori bahasa Inggis sulit untuk berbicara dalam bahasa Inggris dengan lancar. Hal ini karena mereka fokus pada penguasaan untuk membuat kalimat dengan benar dan kurang mempraktekkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Berikut beberapa cara sederhana yang dapat anda coba untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.

1. Pelajari Bahasa Inggris secara Frase dan Kalimat, Bukan Per Kata
Jika anda mempelajari atau menemukan satu kosa kata baru dalam bahasa Inggris, cobalah membuat beberapa kalimat dengan kata tersebut. Usahakan untuk membuat beberapa kalimat dengan kata tersebut yang menunjukkan makna yang berbeda.

2. Membaca dengan Keras
Membaca dengan keras membiasakan diri mengucapkan kata dengan tepat dan melatih intonasi. Membaca dengan keras juga meningkatkan kemampuan mengingat kosa kata baru atau frase baru.

3. Belajar Berbicara Bahasa Inggris Setiap Hari
Belajar bahasa Inggris adalah belajar membiasakan diri dengan bahasa Inggris. Belajar sedikit setiap hari lebih baik daripada belajar beberapa jam seminggu sekali. Buat target harian sederhana yang mudah dicapai dan berusaha untuk memenuhi target tersebut secara konsisten.

4. Mendengarkan Percakapan dan Narasi dalam Bahasa Inggris
Kosa kata yang biasa digunakan dalam buku teks pelajaran sangat berbeda dengan kosa kata yang digunakan dalam bahasa percakapan atau bahasa liputan dalam berita.

5. Cari Teman untuk Berbicara dalam Bahasa Inggris
Menemukan lawan untuk belajar dan berlatih sangat membantu latihan berbicara dengan bahasa Inggris. Latihan dengan lawan bicara memungkinkan untuk belajar mengungkapkan isi hati secara aktual menggunakan bahasa Inggris dan saling mengoreksi kesalahan. Jika memungkinkan ikuti klub bahasa Inggris dimana pesertanya semua berbicara dalam bahasa Inggris.

6. Membaca Referensi Bahasa Inggris
Membaca teks dari buku, koran, internet, dsb merupakan kesempatan yang baik untuk mempelajari bahasa Inggris. Bahasa teks lebih mudah untuk dipelajari untuk kemudian dipraktekkan dalam bahasa verbal. Jika anda ingin mencari informasi mengenai sesuatu di internet misalnya, cobalah cari versi bahasa Inggris.

7. Biasakan Berbicara dalam Bahasa Inggris dengan Durasi Panjang
Belajarlah berbicara dalam durasi yang panjang. Berbicara dalam durasi yang panjang melatih menghubungkan kalimat dan menyampaikan ide secara lebih sempurna kepada orang lain.

8. Berpikir dengan Bahasa Inggris
Berbicara adalah ungkapan perasaan dan ide. Cobalah berbicara pada diri sendiri dengan bahasa Inggris apapun perasaan anda. Anda mungkin pernah berbicara dalam hati “walaupun hujan deras, pokoknya saya tetap akan berangkat kursus, paling-paling basah kuyup”. Coba ungkapkan dalam bahasa Inggris.

9. Fokus pada Pembicaraan dan Bukan pada Grammar
Mempelajari grammar adalah esensial dalam belajar bahasa Inggris. Namun saat belajar berbicara, fokuskan pada inti pembicaraan.

10. Latihan Cermin
Latihan di depan cermin banyak digunakan untuk melatih vokal, sikap, penampilan, dan ekspresi. Latihan ini membantu meningkatkan rasa percaya diri dan menyempurnakan pengucapan.

11. Rekam Pembicaraan Anda dalam Bahasa Inggris
Merekam pembicaraan dalam bahasa inggris memudahkan untuk mengoreksi kesalahan pengucapan maupun gramatika. Merekam pembicaraan dalam bahasa inggris juga membantu memantau perkembangan kemampuan anda berbicara dalam bahasa inggris.

12. Belajar Menirukan Native Speaker
Usahakan meniru gerak bibir, intonasi, dan ekspresi mimik pembicara native. Hal ini akan membantu anda memperbaiki pengucapan maupun intonasi.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *