12 Tips Agar Tetap Optimis

Optimis

Rasa optimis membuat seseorang bersemangat, penuh percaya diri dan penuh keyakinan bahwa harapannya akan tercapai. Rasa optimis bermanfaat meningkatkan kebugaran mental, mengurangi stress, meningkatkan kualitas hidup, dan lain sebagainya. Meskipun semua orang menyadari bahwa bersikap optimis sangat positif, namun adakalanya seseorang tidak dapat mempertahankan optimismenya dan menjadi pesimis. Bagimana cara agar tetap optimis? Berikut beberapa tips untuk meningkatkan optimisme anda.

1. Miliki Rencana Besar
Apakah anda ingin menjadi orang yang sukses suatu saat nanti? Miliki rencana-rencana besar dalam hidup anda. Dengan memiliki rencana-rencana besar anda akan sangat termotivasi untuk mewujudkannya.

2. Jangan Meramal Masa Depan
Yakini bahwa anda bisa mendapatkan masa depan yang baik jika anda berusaha. Anda tidak perlu meramal keberuntungan atau ketidakberuntungan anda di masa datang. Masa depan adalah sesuatu yang bisa diperjuangkan.

3. Dapatkan Teladan
Banyak orang yang sukses di bidangnya yang layak anda teladani. Contohlah bagaimana ia bisa mendapatkan kesuksesan dengan menghadapi segala tantangan. Jika mereka bisa melakukannya, anda juga pasti bisa.

4. Dapatkan Lingkungan yang Mendukung
Setiap orang dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosial di sekitanya. Banyaklah bergaul dengan orang-orang yang berpikir positif dan optimis. Jika anda sering bergaul dengan orang yang malas dan suka berhura-hura, maka anda mungkin akan mengikuti kebiasaan tersebut.

5. Sadari Bahwa Anda Selalu Punya Pilihan
Orang pesimis seringkali menyerah pada keadaan. Jangan menyerah pada kondisi yang ada, buat pilihan saat anda mulai merasa tidak nyaman. Hal ini membuat anda selalu berpikir mengenai peluang yang lebih baik. Jika anda merasa tidak nyaman dengan kondisi yang anda alami carilah peluang untuk keluar dari kondisi tersebut.

6. Fokus pada Hal-Hal yang Bisa Dikendalikan
Orang-orang yang optimis tidak mudah menyerah karena fokus pada hal-hal yang bisa dikendalikan. Fokuslah pada hal-hal yang bisa anda kendalikan sehingga anda selalu bersikap proaktif. Contohnya untuk tetap sehat seseorang harus berupaya menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola hidup yang sehat, bukannya mengkhawatirkan tertular penyakit.

7. Lihat Hambatan Sebagai Tantangan
Selalu ada hambatan dalam mencapai tujuan yang anda ingin capai. Pandanglah hambatan tersebut sebagai tantangan yang harus dapat diatasi bukan untuk dihindari. Semakin banyak anda menaklukkan tantangan maka akan semakin percaya diri anda menghadapi tantangan berikutnya.

8. Gaungkan Kata-Kata Optimis
Pada umumnya orang yang sukses dalam bidang apapun memiliki kebiasaan menggaungkan kata-kata optimis. Buatlah kata-kata optimis anda sendiri bila perlu tempelkan di kamar atau ruang kerja anda. Hal ini membuat pikiran anda terkondisi untuk mewujudkan kata-kata optimis tersebut.

9. Minta Bantuan Jika Diperlukan
Salah satu kebiasaan orang yang pesimis adalah tidak berusaha meminta bantuan. Mintalah bantuan kepada orang yang anda percayai dapat membantu anda saat diperlukan. Hal ini membantu anda menyelesaikan permasalahan anda.

10. Jangan Mengeluh
Jangan biasakan diri mengeluh terhadap kondisi yang ada. Orang optimis menghadapi permasalahan secara proaktif. Temukan solusi dari permasalahan anda dengan melakukan sesuatu.

11. Berani Mencoba
Orang yang optimis berani mencoba sesuatu yang baru. Hindari kebiasaan berpuas diri yang apa yang ada. Banyak orang sukses di bidang tertentu karena keberanian mereka untuk mencoba sesuatu yang baru sehingga mereka menjadi perintis (pioneer) dalam bidang tersebut.

12. Fokus ke Depan
Orang-orang yang optimis memberikan fokus ke depan. Segala kekurangan yang dialami hari kemarin tidak perlu menjadi hambatan untuk tetap optimis. Orang-orang yang optimis memegang prinsip bahwa hari esok harus lebih baik dari hari kemarin dan hari ini.