12 Manfaat Vitamin B3 (Niacin)

Daging ayam

Vitamin B3 adalah salah satu anggota kelompok vitamin B. Vitamin B3 juga dikenal dengan nama niacin. Vitamin B3 umumnya berada dalam 3 bentuk yaitu niacin (nicotinic acid), niacinamide (nicotinamide) dan inositol hexaniacinate (inositol hexanicotinate).
Beberapa gejala defisiensi vitamin B3 antara lain lesu, nyeri otot, depresi, dan gangguan pencernaan. Beberapa bahan makanan yang mengandung vitamin B3 antara lain bit, hati sapi, ikan salmon, ikan tuna, biji bunga matahari, kacang tanah, dsb. Selain itu bahan makanan yang mengandung tryptophan (asam amino yang akan diubah menjadi vitamin B) juga menambah asupan vitamin B3 seperti daging unggas, daging merah, telur dan produk susu. Apa manfaat vitamin B3 bagi kesehatan tubuh? Berikut beberapa kegunaan vitamin B dalam tubuh.

1. Membantu Metabolisma
Vitamin B3 memiliki peran utama membantu metabolisma tubuh. Vitamin B3 berperan penting dalam mengubah makanan yang kita makan menjadi energi. Kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan badan lesu dan tidak bertenaga.

2. Menurunkan Kolesterol Darah
Vitamin B3 dapat membantu menurunkan kolesterol darah. Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dapat diberikan suplemen vitamin B3 untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darahnya.

3. Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku
Vitamin B3 diperlukan dalam pertumbuhan sel dan regenerasi sel pada kulit, rambut, dan kuku.

4. Membantu Penyerapan Kalsium
Vitamin B3 juga membantu tubuh penyerapan kalsium dari makanan yang dicerna tubuh. Kalsium adalah salah satu mineral esensial yang diperlukan tubuh untuk menyelenggarakan berbagai fungsi organ dan menjaga kesehatan jaringan tubuh.

5. Membantu Detoksifikasi Tubuh
Vitamin B3 diketahui berperan dalam menghilangkan toksin yang berpotensi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

6. Membantu Produksi Hormon
Vitamin B3 diperlukan tubuh untuk menghasilkan berbagai hormon kelamin dan hormon adrenal.

7. Menjaga Fungsi Syaraf
Vitamin B3 bermanfaat meningkatkan kesehatan sistem syaraf pusat. Vitamin B3 bermanfaat mengobati depresi dan schizophrenia. Vitamin ini juga membantu relaksasi.

8. Mengendalikan Kadar Glukosa Darah
Vitamin B3 membantu meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat meningkatkan metabolisma dan menjaga kadar glukosa darah tetap normal.

9. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Vitamin B3 diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Salah satu gejala umum kekurangan vitamin B3 adalah gangguan pencernaan seperti indigesti, diare, mual dan muntah, dsb. Vitamin B3 turut berperan dalam produksi asam hidroklorat yang diperlukan untuk membantu fungsi pencernaan.

10 . Meningkatkan Nafsu Makan
Vitamin B3 bermanfaat menjaga nafsu makan tetap tinggi. Kekurangan vitamin B3 dapat menimbulkan gejala kurang nafsu makan.

11. Mengurangi Gejala Nyeri Sendi
Niacinamide bermanfaat membantu fleksibelitas sendi dan mengurangi bengkak pada penderita osteoarthritis. Niacinamide juga bermanfaat mengurangi gejala rheumatoid arthritis.

12. Melancarkan Sirkulasi Darah
Tubuh kita juga memanfaatkan vitamin B3 untuk membantu melancarkan peredaran darah. Vitamin B3 membantu melancarkan sirkulasi darah dengan menjaga kelenturan pembuluh darah.

Resiko Mengkonsumsi Suplemen Vitamin B3 Dosis Tinggi
Cara terbaik mendapatkan asupan vitamin B3 adalah dengan mengkonsumsi makanan alami yang mengandung vitamin B3. Jika anda ingin mengkonsumsi suplemen vitamin B3 dosis tinggi, anda harus berkonsultasi dengan dokter anda. Suplemen vitamin B3 dosis tinggi tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan kondisi tertentu. Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin B3 dapat menyebabkan toksisitas.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *