12 Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit serius. Oleh karena itu dokter merekomendasikan setiap orang memeriksakan kesehatan dengan mengecek tekanan darah secara teratur. Salah satu faktor penting dalam mengendalikan tekanan darah adalah menu makanan. Beberapa jenis makanan diketahui dapat menyebabkan tekanan darah naik. Namun beberapa jenis makanan tertentu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan tekanan darah.

1. Susu Skim (Skim Milk)
Susu skim adalah susu rendah lemak. Susu kaya akan calcium dan vitamin D yang membantu mengurangi tekanan darah.

2. Bayam
Bayam adalah sayuran daun hijau yang rendah kalori, tinggi serat, serta kaya akan nutrien yang yang dapat menurunkan tekanan darah berupa potassium (kalium), folat, dan magnesium.

3. Kentang
Kentang kaya akan potassium dan magnesium, dua nutrien penting bagi kesehatan jantung. Jika tubuh kekurangan potassium, tubuh akan menahan lebih banyak garam (terlalu banyak garam dalam tubuh meningkatkan tekanan darah). Sedangkan magnesium berperan penting dalam meningkatkan kesehatan aliran darah.

4. Pisang
Pisang kaya akan potassium yang berperan penting dalam mengatur tekanan darah. Pisang juga melancarkan BAB sehingga mengurangi penyerapan kolesterol oleh usus.

5. Kedelai
Kacang kedelai menyediakan banyak variasi bahan makanan olahan, seperti tahu, tempe, kecap,tauco,  susu kedelai, dsb. Kedelai kaya akan potassium dan magnesium, dua zat gizi yang berperan penting mengatur tekanan darah.

6. Beri
Blueberry, raspberry, dan strawberry mengandung senyawa yang disebut anthocyanin yang dapat mencegah tekanan darah tinggi.

7. Kiwi
Buah kiwi adalah buah yang direkomendasikan untuk melawan tekanan darah tinggi. Kiwi kaya akan potassium dan vitamin C sehingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Bawang Putih
Bawang putih mengandung senyawa antioksidan dan polisulfida, zat yang berperan dalam menyehatkan pembuluh darah dan menjaga aliran darah yang sehat.

9. Jeruk dan Lemon
Jeruk dan lemon kaya akan potassium dan pectin yang membantu tubuh mengatur tekanan darah dan mengurangi plak kolesterol dari pembuluh arteri.

10. Anggur
Anggur menyediakan vitamin C, pectin, asam folat dan lycopene, yang membantu mencegah gejala-gejala plak pada pembuluh darah dengan membersihkan kolesterol LDL dari pembuluh arteri dan mengurangi masalah tekanan darah tinggi.

11. Seledri
Seledri kaya akan zat gizi penting seperti potassium, magnesium dan kalsium yang membantu tubuh menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

12. Cokelat Hitam (Dark Chocolate)
Cokelat hitam (dark chocolate) terdiri dari 50% sampai 70% kakao. Cokelat kaya akan zat fenol, yang bermanfaat menjaga kesehatan pembuluh arteri.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *