12 Makanan yang Membantu Detoksifikasi Hati

Hati adalah organ penting yang memiliki banyak peran dalam metabolisma dan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Hati bekerja berat saat kita banyak makan makanan tertentu seperti makanan yang diproses dan makanan yang digoreng. Saat hati bekerja berat, maka kerja hati akan kurang efektif. Untuk itu hati harus didetoksifikasi secara terus menerus. Detoksifikasi adalah pembuangan toksin (racun) dari tubuh. Ada banyak makanan yang dapat membantu detoksifikasi hati, berikut beberapa diantaranya.

1. Air
Minum cukup air meningkatkan aliran nutrien ke hati dan aliran limbah keluar dari hati. Kurang asupan air meningkatkan resiko batu empedu.

2. Sayuran Daun Hijau
Sayuran daun hijau kaya akan klorofil (zat hijau daun). Klorofil membantu membuang toksin dari aliran darah. Sayuran daun hijau dianggap sebagai makanan pembersih karena memiliki kemampuan menetralkan logam berat, bahan-bahan kimia, dan pestisida sehingga dapat memberikan perlindungan pada organ hati.

3. Bulir Utuh
Bulir Utuh kaya akan vitamin B kompleks yang diketahui meningkatkan metabolisma lemak dan fungsi hati.

4. Bawang Putih
Bawang putih mengandung senyawa yang memiliki khasiat mengaktifkan enzim hati yang membantu tubuh membuang racun. Bawang putih juga banyak mengandung allicin dan selenium yang membantu pembersihan hati dari logam berat.

5. Buah Anggur
Buah anggur kaya akan vitamin C dan antioksidan lain sehingga membantu proses pembersihan hati. Anggur membantu meningkatkan produksi enzim detoksifikasi hati yang membantu tubuh membuang racun.

6. Wortel
Wortel kaya akan flavonoid nabati dan beta karoten yang membantu merangsang dan meningkatkan fungsi hati.

7. Teh Hijau
The hijau kaya akan antioksidan yang disebut catechin, senyawa yang diketahui berperan membantu fungsi hati.

8. Alpukat
Buah alpukat mengandung zat yang membantu tubuh menghasilkan glutathione, suatu senyawa yang diperlukan hati untuk membersihkan tubuh dari toksin berbahaya.

9. Apel
Buah apel banyak mengandung pectin yang berperan membantu membuang toksin pada saluran pencernaan. Hal ini akan meringankan peran hati dalam proses pembersihan toksin dari tubuh.

10. Jeruk
Jeruk kaya vitamin C, yang membantu tubuh mensintesa bahan beracun menjadi bahan yang dapat diserap air. Minum jus jeruk pada pagi hari membantu merangsang fungsi hati.

11. Sayur Jenis Kol
Sayuran jenis kol seperti sayur kol, brokoli, bunga kol, dan selada mengandung glukosinolat yang membantu hati menghasilkan enzim yang diperlukan untuk detoksifikasi.

12. Minyak Zaitun (Olive Oil)
Minyak zaitun dapat membantu tubuh dengan menyediakan bahan lipida yang menyerap toksin dalam tubuh sehingga membantu meringankan kerja hati.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *