10 Tips Sukses Menabung

Semua orang tahu bahwa menabung sangat bermanfaat dalam mengelola keuangan. Namun kenyataannya banyak orang yang kesulitan untuk menabung. Bagaimana cara sukses menabung? Berikut ada 10 kiat menabung yang dapat anda coba.

1. Jangan Menunda untuk Menabung
Banyak orang yang menunda untuk menabung, padahal keinginan untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan tersier selalu ada. Jangan heran kalau ada orang yang selalu berganti-ganti handphone tetapi tidak mempunyai tabungan untuk kebutuhan mendesak. Jika anda ingin menabung mulailah sekarang juga.

2. Mulailah dengan Nominal yang Kecil
Tabunglah setidaknya 10% dari penghasilan anda. Jika tidak memungkinkan, mulailah dengan yang lebih kecil dari itu kemudian berusaha meningkatkan jumlah uang yang ditabung setiap bulannya. Hal ini penting untuk mengingatkan anda bahwa anda sudah mulai berusaha menabung.

3. Buat Rekening Tabungan Tersendiri tanpa Kartu ATM
Rekening tabungan harus terpisah dengan rekening yang akan digunakan untuk pemasukan dan pengeluaran. Jika tidak, anda tidak akan mengetahui perkembangan tabungan anda dari waktu ke waktu. Selain itu anda akan mudah tergoda untuk menggunakan tabungan tersebut dengan harapan dapat diganti saat menerima pendapatan bulan berikutnya. Jangan gunakan kartu ATM untuk tabungan anda agar mempersulit anda menarik tabungan tersebut.

4. Komitmen untuk Disiplin
Menabung membutuhkan komitmen untuk disiplin. Disiplin terhadap diri sendiri sangat sulit diterapkan bagi kebanyakan orang, terutama menyangkut pengelolaan keuangan pribadi.

5. Tabungkan Juga Penghasilan Lainnya
Jika anda sudah berdisiplin menabung dengan nominal tertentu. Usahakan juga untuk menyisihkan penghasilan lainnya dengan prosentase minimal sama dengan tabungan rutin anda. Jika ada biasa menabung 20% gaji, tabung juga setidaknya 20% dari bonus atau penghasilan lain.

6. Bukukan Pendapatan dan Pengeluaran Anda
Membuat catatan pendapatan dan pengeluaran membantu anda mengelola keuangan dengan lebih bijak dan terencana. Hal ini membantu anda memperhitungkan jumlah uang yang layak anda tabung setiap bulannya.

7. Membuat Prioritas dalam Belanja
Usahakan untuk mematuhi rencana pengeluaran. Dahulukan pengeluaran untuk kebutuhan primer, setelah itu baru mempertimbangkan belanja keperluan sekunder dan tersier. Hal ini akan memudahkan anda menekan pengeluaran jika diperlukan.

8. Berhemat
Berhemat adalah kunci dari keberhasilan menabung. Jika anda memiliki kelebihan uang belanja bulanan yang telah dianggarkan, tabungkan sebagian, anggap sebagai pemasukan tambahan.

9. Membuat Rencana Pengeluaran Jangka Panjang
Buat rencana pengeluaran jangka panjang. Misalnya bagi keluarga yang memiliki anak, 2 tahun lagi si Bungsu masuk TK, sedangkan Kakak masuk SD. Jika memungkinkan buat tabungan khusus agar kebutuhan sekolah si Bungsu dan Kakak tepenuhi tanpa harus hutang atau tanpa harus mengambil dari tabungan.

10. Membuat Rencana Investasi
Investasi bisa merupakan bentuk lain dari tabungan. Investasi mungkin memerlukan dana awal yang relatif besar dan jangka waktu yang lebih lama. Dana yang anda investasikan tidak dapat ditarik setiap saat, namun investasi memungkinkan anda mendapatkan bunga yang lebih besar dari tabungan konvensional. Investasi yang paling umum adalah deposito dan saham.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *