10 Tips Pola Hidup yang Mengurangi Resiko Kanker

Penyakit kanker memiliki kecenderungan meningkat di berbagai belahan dunia. Jenis penyakit kanker juga semakin beragam. Kanker adalah tumbuh dan berkembangnya sel-sel pada jaringan atau organ tertentu secara tidak terkendali. Semakin meningkatnya kasus kanker tidak terlepas dari pergerseran pola hidup seperti konsumsi makanan jenis baru, menu makanan tidak seimbang gizi, kurang olahraga, dsb. Secara alami sel tubuh kita senantiasa rentan terhadap mutasi sel yang dapat menyebabkan kanker. Kabar baiknya tubuh kita mempunyai kemampuan yang sangat memadai untuk mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan mutasi sel yang tidak normal. Jika karena suatu kondisi, mekanisme pertahanan tersebut tidak cukup untuk melawan pertumbuhan tumor, maka akan terbentuk sel-sel kanker. Berikut beberapa cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk mencegah kanker.

1. Usahakan Memiliki Berat Badan Normal
Kelebihan berat badan atau kegemukan (obesitas) mengindikasikan bahwa tubuh kelebihan lemak. Kelebihan lemak tubuh mempengaruhi metabolisma secara umum. Gangguan metabolisma dapat menyebabkan gangguan mekanisme pertahanan tubuh seperti produksi hormon, pengubahan vitamin, pembentukan sel darah, dsb. Hal ini membuat pertahanan tubuh tidak memadai terhadap, kerusakan sel, mutasi sel, masuknya bakteri, dsb.

2. Olahraga Teratur
Olahraga dapat mencegah kelebihan berat badan yang merupakan faktor resiko berbagai penyakit. Olahraga juga menyehatkan jantung dan pembuluh darah dan meningkatkan fungsi organ dan fungsi hormon yang berpengaruh pada imunitas tubuh.

3. Batasi Asupan Kalori dari Makanan dan Minuman
Terlalu banyak asupan kalori dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas yang meningkatkan resiko penyakit kanker.

4. Banyak Makan Sayuran, Buah, Bulir Utuh dan Legume (Kacang-kacangan)
Sayuran, buah, bulir utuh, dan legume kaya akan antioksidan, vitamin, mineral dan serat pangan (dietary fiber) alami. Kecukupan akan nutrisi penting tersebut membantu fungsi dan mekanisme pertahanan tubuh terhadap gangguan kesehatan termasuk kanker. Antioksidan khususnya dapat mencegah kerusakan dan mutasi sel akibat radikal bebas yang dapat memicu kanker.

5. Tidak Merokok
Merokok meningkatkan resiko berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker serviks, dan kanker ginjal. Merokok juga dapat merusak fungsi organ terutama jantung dan paru-paru. Saat menghisap asap rokok, perokok akan memasukkan berbagai bahan kimia berbahaya ke dalam tubuh yang dapat terbawa aliran darah ke seluruh tubuh.

6. Tidak Minum Alkohol
Banyak minum alcohol merupakan faktor resiko bagi penyakit kanker tertentu dan berbagai jenis penyakit lainnya. Kelebihan alkohol dalam darah mengganggu fungsi normal metabolisma tubuh.

7. Makan Makanan Sehat Secara Seimbang Gizi
Memilih makanan sehat secara seimbang nutrisi akan memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi secara sehat. Kecukupan nutrisi menjamin fungsi tubuh termasuk fungsi pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit dapat berlangsung secara normal.

8. Hindari Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk seperti seks bebas dan narkoba tidak hanya merusak mental tetapi juga dapat menyebabkan penyakit kanker. Berganti pasangan seksual atau berganti menggunakan jarum suntik dapat menyebabkan penularan penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS yang menghilangkan kekebalan tubuh.

9. Dapatkan Imunisasi
Imunisasi biasanya diberikan pada anak-anak. Orang dewasa juga dapat mendapat imunisasi Hepatitis B dan vaksin HPV (human papilloma virus). Penyakit Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati sedangkan HPV menyebabkan kanker serviks (kanker mulut rahim). Khusus bagi bayi selain mendapatkan imunisasi vaksin, ia juga dianjurkan minum ASI untuk mendapatkan imusisasi alami.

10. Periksa Kesehatan
Periksalah kesehatan anda secara berkala termasuk organ dalam. Beberapa metoda pemeriksaan organ sederhana seringkali dapat membantu menemukan tumor misalnya ultrasonografi, sinar X, dan pemeriksaan pap smear. Jika anda sakit periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat. Beberapa kondisi kesehatan tertentu dapat memicu kanker.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *