10 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sistem pencernaan mengurai makanan yang kita makan menjadi komponen sederhana kemudian menyerap nutrisi yang diperlukan tubuh dan membuang sisa olahan makanan yang tidak diperlukan. Menjaga sistem pencernaan yang sehat sangat penting karena gangguan pencernaan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Minum 8 Gelas Air Sehari
Minum cukup air sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Air membantu pergerakan makanan, melarutkan makanan, dan mengatur konsentrasi makanan yang dicerna tubuh. Air juga membantu penyerapan zat gizi oleh tubuh.

2. Makan Makanan Kaya Serat
Serat pangan (dietary fiber) tidak dicerna lebih lanjut oleh tubuh. Serat sangat penting untuk mengatur kadar air makanan yang diolah sistem pencernaan sehingga membantu pergerakan makanan dalam sistem pencernaan dan membatasi waktu penyimpanan limbah pencernaan dalam tubuh. Serat terdiri dari serat larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air. Kedua jenis serat ini sama pentingnya dalam membantu melancarkan pencernaan dan pembuangan sisa makanan.

3. Batasi Makanan Tinggi Lemak
Tubuh memerlukan lemak dalam jumlah tertentu. Secara umum makanan berlemak tinggi memperlambat proses pencernaan, sehingga meningkatkan resiko konstipasi (sembelit).

4. Konsumsi Probiotik
Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang secara alamiah terdapat dalam saluran pencernaan. Bakteri baik ini membantu menjaga kesehatan karena melawan efek kurang makan, antibiotik, dan stress. Probiotik juga meningkatkan penyerapan nutrien, membantu memecah laktosa, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu menyembuhkan IBS (irritable bowel syndrome). Mengkonsumsi makanan mengandung probiotik seperti yogurt atau kefir dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

5. Makan Secara Teratur
Makan secara teratur membantu mengoptimalkan kerja sistem pencernaan. Usahakan untuk makan pagi, makan siang, makan malam dan makan snack secara teratur.

6. Hindari Kebiasaan Buruk
Merokok dan minum alkohol dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan masalah pencernaan seperti tukak lambung dan heartburn.

7. Olahraga Teratur
Berolahraga secara teratur membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Olahraga juga membantu menjaga berat badan yang sehat, yang juga baik untuk pencernaan.

8. Atasi Stress
Stress dan kecemasan dapat menyebabkan gangguan pencernaan misalnya produksi asam lambung berlebihan. Stress juga dapat mengganggu selera makan dan pola makan yang sehat. Upayakan secara positif untuk mengatasi stress dan kecemasan.

9. Upayakan Berat Badan Normal
Kelebihan berat badan dan obesitas (kegemukan) dapat mengganggu fungsi hormon tertentu yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Berat badan di bawah normal juga dapat memberikan akibat buruk pada sistem pencernaan.

10. Makan secara Sehat
Makanlah secara perlahan dengan pengunyahan yang sempurna. Jangan makan terlalu sedikit, terlalu kenyang, terburu buru, terlalu pedas, dsb.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *