10 Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi adalah komponen penting bagi pencernaan dimana makanan pertama kali di cerna. Menjaga kesehatan gigi tidak hanya penting bagi kesehatan tetapi juga menentukan penampilan seseorang. Gangguan kesehatan pada gigi seringkali baru terdeteksi pada saat gigi mulai rusak dan terasa sakit. Oleh karena itu merawat gigi perlu dilakukan setiap saat. Bagaimana cara menjaga kesehatan gigi yang efektif? Berikut beberapa cara merawat kesehatan gigi.

1. Sikat Gigi Secara Teratur

Sikat gigi minimal dua kali sehari, pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Menyikat gigi adalah cara terbaik merawat gigi. Menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi selain efektif membersihkan sisa makanan di gigi juga merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut.

2. Sikat Gigi Secara Benar
Pelajari cara menyikat gigi yang benar. Menyikat permukaan gigi yang efektif adalah dengan gerakan memutar. Sebagian orang terbantu dengan penggunaan sikat gigi elektrik. Salah satu manfaat menggunakan sikat gigi elektrik adalah dapat membantu anda menyikat gigi dengan benar dengan lebih mudah.

3. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur mengandung antiseptik yang membunuh kuman dalam mulut dan mengurangi resiko terbentuknya plak gigi. Gunakan obat kumur setelah menyikat gigi.

4. Bersihkan Gigi dengan Floss
Membersihkan sela-sela gigi dengan benang floss efektif membersihkan gigi dari sisa makanan dan plak gigi.

5. Periksakan Gigi Secara Teratur

Memerikasakan gigi pada dokter gigi dapat mendeteksi dini gangguan kesehatan pada gigi. Saat memeriksa gigi anda, dokter akan membersihkan gigi anda jika terdapat plak gigi. Periksakan kesehatan gigi anda minimal 6 bulan sekali.

6. Selektif Memilih Makanan
Banyak makan makanan yang mengandung gula seperti permen dapat merusak gigi. Makanan terlalu keras, terlalu panas, atau terlalu dingin juga dapat merusak gigi dan gusi.

7. Jangan Merokok
Merokok dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit paru-paru, penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, dsb. Asap rokok juga dapat merusak gigi dan gusi. Berhenti merokok bermanfaat mengurangi resiko berbagai jenis penyakit termasuk penyakit gigi dan gusi.Jika anda perokok, anda harus mencari cara berhenti merokok sesegera mungkin.

8. Cukupi Asupan Nutrisi
Gigi dan gusi yang sehat memerlukan nutrisi yang memadai. Mineral kalsium dan vitamin D sangat bermanfaat memperkuat struktur gigi. Vitamin C dan beberapa antioksidan lain diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga gusi yang sehat.

9. Jangan Menggunakan Gigi Tidak Semestinya
Gigi adalah salah satu jaringan terkuat pada tubuh kita. Gunakan kekuatan itu hanya untuk mengunyah makanan. Jangan menyalahgunakan kekuatan gigi untuk membuka tutup botol, membuka kemasan plastik, merobek kertas, membengkokkan kawat, membawa sesuatu, dsb.

10. Dapatkan Perawatan Segera Saat Sakit Gigi
Seringkali gangguan kesehatan gigi terasa sakit yang muncul sewaktu-waktu, kemudian hilang. Jika tidak segera ditangani dokter gigi, hal ini dapat memperparah kondisi gigi yang rusak.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *