10 Tips Meningkatkan Konsumsi Sayuran

Sayur adalah salah satu bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sayuran merupakan sumber utama vitamin dan mineral selain buah-buahan. Meskipun pada umumnya orang menyadari bahwa sayuran banyak mengandung nutrisi bermanfaat, pada kenyataannya sebagian orang tidak mengkonsumsi sayuran dalam jumlah yang disarankan karena berbagai alasan. Ada beberapa cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayuran.

1. Variasikan Cara Memasaknya
Sebagian orang jarang makan sayur karena bosan. Anda bisa meningkatkan variasi rasa sayuran dengan cara masak yang berbeda-beda. Beberapa variasi masakan sayuran yang umum antara lain sayur sop, sayur lodeh, sayur asem, sayur tumis, sayur kukus, sayur panggang (grill), sayur oseng, dan lain sebagainya.

2. Susun Menu Makanan
Menyusun menu makanan secara berkala sangat bermanfaat untuk menentukan variasi makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Hal ini akan membuat anda tidak bosan makan sayuran setiap hari.

3. Pilih Jajanan yang Kaya Sayur
Anda dapat memilih makanan yang kaya sayuran bahkan saat jajan. Ada banyak jenis makanan jajanan yang banyak menggunakan sayuran seperti gado-gado, pecel, lotek, karedok, urap, lawar, dsb.

4. Tambahkan Sayuran Mentah sebagai Pelengkap Hidangan
Salah satu cara meningkatkan jumlah sayuran yang dikonsumsi adalah dengan memperbanyak jenis sayuran dalam sekali saji. Beberapa sayuran mentah ditambahkan sebagai pelengkap hidangan seperti bawang merah, daun bawang, wortel, timun,  tomat, cabe, seledri, dan lain sebagainya.

5. Kombinasikan dengan Kesukaan Lainnya
Anda dapat meningkatkan selera makan terhadap masakan sayur dengan menambahkan bahan makanan kesukaan anda. Tambahkan bahan makanan kesukaan anda misalnya sosis, ampela, bakso, dsb pada masakan sayuran.

6. Manfaatkan Sayuran Sebagai Penyedap Rasa
Sekarang banyak sekali produk penyedap masakan buatan pabrik yang sangat praktis digunakan seperti saus, sambal, bumbu racik, dan lain sebagainya. Sering menggunakan penyedap rasa instan ini akan mengurangi kesempatan anda mendapatkan nutrisi dari sayuran alami seperti cabe, tomat, belimbing wuluh, daun bawang, jeruk nipis, dan lain sebagainya.

7. Tingkatkan Keterampilan Memasak Anda
Ada banyak variasi kuliner yang menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya baik dari resep tradisional maupun resep kontemporer. Mencoba membuat berbagai hidangan sayuran dapat membantu meningkatkan selera anda terhadap masakan sayur.

8. Ciptakan Kreasi Hidangan Kaya Sayuran
Ada banyak makanan yang menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya. Ciptakan kuliner versi anda yang lebih kaya sayuran. Variasikan jenis sayuran yang digunakan pada makanan konvensional yang menggunakan sayuran seperti gado-gado, pecel, karedok, salad, dsb.

9. Makan Mentah
Makan sayuran mentah sebagai lalap merupakan tradisi kuliner yang populer di mana-mana. Mengkonsumsi sayuran mentah bisa menjadi cara alternatif dan praktis untuk mengkonsumsi berbagai jenis sayuran bermanfaat. Jika anda suka makan dengan lalapan seperti kol, pete, timun, dsb, anda mungkin hanya perlu meningkatkan pengetahuan anda mengenai jenis sayuran lain yang biasa dikonsumsi sebagai lalapan.

10. Minum Jus Sayuran
Sayuran tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai masakan sayur atau dimakan mentah sebagai lalapan tetapi juga banyak digunakan sebagai bahan jus. Minum jus sayuran akan memberikan citarasa yang mungkin lebih anda sukai daripada makan masakan sayur atau lalapan.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *