10 Tips Meningkatkan Konsumsi Buah

Buah adalah bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh kita. Buah merupakan penyedia utama vitamin dan mineral selain dari sayuran. Pada umumnya orang menyadari bahwa mengkonsumsi buah sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun demikian sebagian orang jarang makan buah karena berbagai alasan. Jika anda termasuk orang yang jarang makan buah, beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu anda mulai meningkatkan konsumsi buah.

1. Masukkan dalam Menu Makanan
Saat menyusun menu makanan, masukkan buah sebagai salah satu bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Hal ini memastikan anda untuk mengkonsumsi buah setiap hari secara bervariasi yang sesuai dengan selera anda.

2. Makan Buah Sebagai Pencuci Mulut
Buah bermanfaat sebagai pencuci mulut untuk mengembalikan kesegaran mulut setelah makan. Sediakan buah saat akan makan untuk dikonsumsi sebagai pencuciĀ  mulut setelah makan.

3. Buat Rujak
Banyak orang suka makan buah dalam hidangan berupa rujak. Ada banyak jenis dan variasi rujak yang bisa menjadi pilihan anda. Rujak menyediakan bermacam buah buah dalam sajian yang lebih mengundang selera.

4. Konsumsi Sebagai Es Buah
Anda dapat menikmati sajian minuman es yang menyegarkan sambil mengkonsumsi buah. Minum es buah atau sop buah adalah alternatif mendapatkan nutrisi dari buah segar dengan cara yang lebih menyenangkan.

5. Bawa Sebagai Bekal
Makan buah tidak hanya menyegarkan tetapi juga mengenyangkan. Sebagian orang suka membawa bekal berupa buah sebagai bekal saat bepergian. Membawa bekal berupa buah-buahan bisa menjadi salah satu cara untuk mendorong anda makan lebih banyak buah.

6. Minum Sebagai Jus
Jus buah adalah minuman yang disukai oleh semua orang. Pilih jus buah kesukaan anda. Anda dapat merasakan minuman berenergi yang menyegarkan secara lebih sehat. Anda bisa membuat sendiri jus buah dengan kreasi dan kombinasi yang tidak terbatas.

7. Makan Sebagai Snack
Siapkan potongan dalam buah di atas piring atau dalam container dan hidangkan sebagai snack bergizi pada saat anda ingin ngemil. Mengkonsumsi buah sebagai snack dapat mengurangi keinginan utuk mengkonsumsi snack jajanan yang kurang sehat.

8. Jadikan Bagian dari Makanan Utama
Buah bisa menjadi bagian dari makanan utama khususnya makanan bukan nasi. Tambahkan potongan buah pada makanan utama seperti cereal, roti, salad, dan lain sebagainya.

9. Pilih Makanan yang Kaya Buah
Buah telah menjadi bagian penting pada banyak makanan olahan termasuk kue, pudding, dan es krim. Beberapa jenis buah yang banyak digunakan sebagai bahan makanan olahan misalnya nanas, pisang, strawberry, dan lain sebagainya.

10. Hidangkan Buah Secara Bervariasi
Biasakan makan buah secara bervariasi. Mengkonsumsi buah secara bervariasi tidak hanya membantu anda mendapatkan nutrisi yang beragam tetapi juga dapat mengurangi rasa bosan. Jika anda mengkonsumsi buah dalam potongan kecil, ada baiknya anda mencampur potongan-potongan dari beberapa jenis buah sekaligus.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *