10 Tips Menghentikan Balita Minum dari Botol Susu

Balita usia 6 bulan sudah dapat dikenalkan dengan cara minum dari cangkir. Anak usia 12 bulan sudah memiliki koordinasi dan deksteritas manual yang cukup untuk minum dari cangkir.
Balita yang minum susu dari botol cenderung susah untuk menghentikan kebiasaan ngedot dari botol susu. Kebiasaan ini bisa berlangsung bahkan setelah usia lebih dari lima tahun. Minum susu dari botol menjadi kebiasaan yang bersifat addiktif. Bahkan botol kosong sekalipun menjadi sesuatu yang nikmat untuk disedot. Menghilangkan kebiasaan minum dari botol susu bisa jadi sesuatu tantangan serius bagi ibu. Berikut ada beberapa tips menghentikan si kecil minum dari botol dot.

1. Gunakan Cangkir Bayi
Gunakan cangkir bayi yang memiliki corong yang bisa dimasukkan ke mulut. Cangkir ini sering disebut juga cangkir seruput (sippy cup) karena digunakan bayi untuk belajar menyeruput minuman tanpa tumpah. Cangkir bercorong ini membuat anak minum dengan cara yang agak mirip dengan ngedot tetapi memiliki pengangan seperti cangkir. Cangkir ini banyak direkomendasikan digunakan saat transisi cara minum dari botol ke cangkir.

2. Siapkan Cangkir Minum Saat Makan
Menyiapkan secangkir air saat makan membuat si kecil lebih siap ketika ia harus diminta minum dengan menggunakan cangkir. Hal ini juga memberikan kesan bahwa ia hanya boleh minum  dari cangkir saat makan.

3. Kurangi Kesempatan Balita Minum dari Botol Secara Bertahap
Kurangi jatah minum dari botol dot. Mula-mula bayi diberikan minum dari cangkir hanya pada saat makan, saat menjelang tidur siang atau tidur malam masih diberikan botol susu. Lalu biasakan sebelum tidur untuk memberikan secangkir susu agar si kecil tidak kehausan sebelum tidur. Lalu jangan pernah memberikan botol susu sebelum tidur, berilah si kecil pegangan lain berupa mainan yang ia sukai.

4. Tawarkan Minuman Lain dengan Cangkir

Menawarkan minuman lain dalam cangkir mengenalkan kepada si kecil cara minum menggunakan cangkir. Bayi di atas satu tahun sudah dapat dikenalkan dengan minuman lain seperti teh dan jus.

5. Buatlah Kesan Minum dengan Cangkir Lebih Nikmat
Encerkan susu dalam botol dot sedikit demi sedikit. Buatlah susu semakin encer di dalam botol. Jika balita minum dari cangkir buatlah susu seperti biasa. Ini akan mengesankan bahwa minum dari cangkir lebih nikmat dan menyegarkan.

6. Jauhkan Botol Susu dari Pandangan Si Kecil
Kadang meskipun tidak haus, si kecil tetap merasa nyaman jika bersama botolnya. Menjauhkan botol susu dari pandangan si kecil membantunya untuk mulai melupakan botol kesayangannya.

7. Alihkan Perhatian Si Kecil dari Botol dengan Secangkir Minuman
Jika si kecil menanyakan atau meminta botolnya. Tawarkan minuman lain yang ia sukai dengan menggunakan cangkir.

8. Berilah Contoh Minum dengan Cangkir
Anak-anak mempunyai kebanggaan jika bisa meniru orang dewasa. Cobalah mengajak anak minum bersama-sama sekeluarga. Dan mintalah anak meniru cara minum orang dewasa dengan menggunakan cangkir.

9. Jadikan Cangkir sebagai Properti yang Menyenangkan
Ajaklah si kecil membeli cangkir yang ia sukai. Mengetahui bentuk dan gambar yang disukai si kecil sangat membantu si kecil menyukai cangkirnya sendiri sebagai ganti botol kesayangannya.

10. Berikan Penghargaan dan Pujian
Berikan penghargaan dan pujian jika saat si kecil minum dari cangkir. Hal ini memberikan kesan bahwa minum dengan cangkir adalah adalah keterampilan yang membanggakan.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *