10 Tips Mengajari Anak Berlaku Sopan

Anak tidak sopan

Salah satu keterampilan sosial yang harus diajarkan kepada anak sejak dini adalah berlaku sopan kepada orang lain. Berlaku sopan adalah memperlakukan orang lain dengan rasa hormat. Berlaku sopan membuat anak lebih luwes dalam bergaul baik terhadap teman seusianya maupun terhadap orang yang lebih tua. Bagaimana cara mengajari anak perihal sopan santun sejak dini? Berikut beberapa cara mengajari anak bersikap sopan kepada orang lain.

1. Perlakukan Anak dengan Sopan
Anak paling mudah mencontoh kebiasaan orang terdekat yaitu keluarga. Hal ini karena interaksi anak dimulai dari keluarga. Oleh karena itu anda harus memperlakukan anak dengan sopan saat menyuruh, meminta bantuan, dan bahkan saat melarang anak melakukan sesuatu.

2. Jadilah Teladan
Cara terbaik mengajari perilaku soan santun adalah dengan memberikan contoh. Sikap dan perbuatan anda terhadap orang lain akan menjadi preseden yang mudah ditiru anak. Tunjukkan perilaku sopan santun terhadap orang lain, maka anak anda akan lebih mudah berbuat hal yang sama.

3. Perkenalkan Anak dengan Lingkungan Sosial

Biarkan anak mengenal orang-orang yang anda kenal. Ajak anak untuk menyapa dan menyalami sanak famili, tetangga, kerabat, teman, dan orang disekitar anda. Hal ini akan membuat anak merasa nyaman berada di lingkungan sosial yang baru dikenalnya.

4. Bimbing Anak Berlaku Sopan Terhadap Orang Lain

Ajari kata-kata sopan sederhana seperti kata terima kasih, silahkan, permisi, maaf, tolong, dsb. Ingatkan anak anda untuk mencium tangan saat bersalaman dengan orang dewasa. Hal ini akan membuat anak segera memahami cara memberi respek kepada orang dewasa.

5. Ajarkan Anak Cara Berkomunikasi yang Baik
Ajarkan anak anda cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain sehingga anak bisa lebih percaya diri dan proaktif menyapa orang lain. Sebagian anak tidak berani atau canggung mengucapkan kata-kata sopan sederhana seperti permisi, maaf, silahkan, dan lain sebagainya kepada orang lain. Padahal kata-kata sapaan sederhana tersebut sangat bermanfaat untuk mendapatkan respek dari orang lain.

6. Beritahukan Perbuatan Baik yang Layak Dicontoh
Banyak kisah yang bisa menjadi teladan bagi anak yang bisa didapatkan dari buku cerita, tayangan acara TV, film, atau perbuatan yang dapat disaksikan langsung oleh anak. Dorong anak untuk mencontoh perilaku sopan yang ditunjukkan oleh teman, saudara, atau tokoh anak dalam cerita.

7. Beritahukan Apa yang Tidak Pantas
Jika anak melihat perilaku yang tidak sopan yang ditunjukkan oleh orang lain misalnya oleh teman atau pemeran dalam tayangan TV, beritahukan kepada anak bahwa itu adalah perilaku yang tidak baik sehingga tidak boleh ditiru.

8. Berikan Perhatian dan Bimbingan Secara Kontinu
Selalu berikan perhatian dan bimbingan secara terus menerus kepada anak dalam interaksi sosialnya. Hal ini akan membantu anda menemukan kekurangan anak dalam berperilaku yang pantas sehingga anda dapat memberikan bimbingan langsung untuk memperbaiki kekurangan tersebut.

9. Berikan Motivasi
Berikan motivasi kepada anak untuk berlaku sopan. Berilah pujian dan tunjukkan kebanggaan anda pada anak jika anak berlaku sopan kepada orang lain.

10. Berikan Pendekatan Agama
Agama mengajarkan manusia berperilaku menghormati dan menghargai orang lain. Berikan tanamkan sikap hidup yang sesuai dengan agama yang dianut untuk membina perilaku anak yang sopan dan santun terhadap sesama.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *