10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membeli Laptop

Komputer laptop

Laptop sebagai komputer pribadi memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan komputer desktop dan komputer tablet. Laptop mudah dibawa ke mana-mana dan cukup ergonomis digunakan untuk bekerja. Oleh karena itu banyak orang yang memilih jenis komputer ini sebagai komputer pribadi untuk bekerja. Laptop kini bahkan memiliki nilai yang lebih personal dibandingkan dahulu. Bagaimana cara memilih laptop yang sesuai untuk anda? Berikut beberapa hal yang sebaiknya anda pertimbangkan dalam memilih sebuah laptop.

1. Anggaran
Semakin tinggi spesifikasi dan semakin komplit fitur sebuah komputer laptop, maka akan semakin mahal harganya. Kualitas dan merk juga sangat mempengaruhi harga sebuah laptop. Anda sebaiknya menentukan seberapa anggaran yang akan anda investasikan untuk sebuah laptop.

2. Kebutuhan
Berilah prioritas pada kebutuhan. Jangan sampai anda mengutamakan preferensi pada fitur yang kurang penting dengan mengorbankan kebutuhan utama. Contohnya jika anda sering menggunakan laptop untuk kebutuhan desain grafis anda mestinya mengutamakan fitur graphic card yang bagus, gambar yang tajam, dan layar yang relatif lebar daripada mengutamakan sound card yang belum tentu anda butuhkan.

3. Spesifikasi Minimum
Anda sebaiknya menentukan spesifikasi minimum yang anda butuhkan pada sebuah laptop. Tentukan tipe prosesor, kecepatan, memory, dan fasilitas lain yang anda ingin miliki pada sebuah laptop. Hal ini akan membantu anda memberi prioritas dalam membuat daftar pilihan.

4. Merk
Banyak sekali merk laptop yang tersedia di pasaran. Merk sebuah laptop seringkali mewakili kualitas dan harga. Merk atau brand sangat mempengaruhi pilihan terhadap laptop. Pilihlah laptop dengan merk yang anda sukai tapi perlu diperhatikan jangan mengalahkan kebutuhan karena lebih memilih merk ternama.

5. Daya Tahan Baterai
Salah satu kelebihan laptop adalah dapat digunakan di mana saja tanpa tergantung ketersediaan jaringan listrik, karena laptop memiliki baterai yang dapat di-charge. Perhatikan daya tahan baterai laptop. Semakin lama daya tahan baterai laptop akan semakin baik karena anda mungkin akan sering menggunakan laptop di luar rumah dalam durasi yang cukup lama sebelum anda punya kesempatan untuk melakukan charging.

6. Daftar Prioritas
Anda sebaiknya memiliki beberapa alternatif pilihan baik merk maupun tipe laptop berdasarkan prioritas. Hal ini akan memudahkan anda menukar pilihan, jika ternyata laptop yang anda idamkan tidak sesuai dengan harapan atau tidak ditemukan di toko. Membuat daftar pilihan juga membantu anda untuk membandingkan beberapa laptop yang menurut anda bagus. Hal ini mendorong  anda untuk membandingkannya secara langsung.

7. Kelengkapan Paket Produk
Satu paket standar laptop terdiri dari satu unit laptop dan charger. Beberapa produk memberikan tambahan kelengkapan dalam satu paket misalnya CD operating system, tas laptop, wireless mouse, atau aksesoris lainnya.

8. Garansi Resmi
Produsen laptop yang terpercaya akan memberikan garansi resmi kepada konsumen. Setiap produsen mungkin memberikan garansi yang berbeda. Sebagai pedoman dasar semakin lama garansi resmi yang diberikan produsen terhadap produknya maka semakin tinggi keyakinan produsen akan kualitas produknya.

9. Kesempatan Mencoba
Sempatkan mencoba mengetik dan mengangkat laptop yang anda minati. Bentuk dan ukuran tombol keyboard bisa jadi mempengaruhi kenyamanan anda mengetik. Anda juga sulit untuk memperkirakan ketebalan dan bobot sebuah laptop hanya dari melihat besaran tebal dan  beratnya tanpa mencoba secara fisik memegang dan mengangkatnya sendiri. Anda juga sebaiknya mencoba menggunakan laptop tersebut untuk melihat ketajaman tulisan, gambar, dan video  pada layarnya.

10. Peluang Menawar dan Meminta Bonus

Anda mungkin telah mengorbankan uang tabungan atau gaji anda untuk membeli sebuah laptop yang relatif mahal harganya. Anda layak mendapatkan potongan harga dan bonus seperti tas laptop, flashdisk, wireless mouse, kipas eksternal, atau aksesoris lainnya. Jadi jangan ragu untuk menawar dan meminta bonus.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *